Pahami Cara Mencuci Tangan yang Benar Berikut Ini

Image result for cuci tangan
Yofamedia.com - Sejak kecil, kita pasti sudah diajarkan oleh orangtua untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Tapi, sebagian besar dari kita tidak memahami cara mencuci tangan yang benar itu seperti apa.
Masih banyak masyarakat yang salah dalam teknik mencuci tangan. Padahal, tangan adalah sarang bakteri, dimana setiap harinya kita selalu menyentuh sesuatu yang memiliki kemungkinan besar terkena bakteri.
Untuk itu, berikut ini kesalahan dalam mencuci tangan yang perlu Anda ketahui.
1. Mencuci tangan terlalu cepat
Sebuah penelitian dari Michigan State University mengatakan bahwa 95 persen orang tidak mencuci tangan mereka cukup lama untuk secara efektif membunuh kuman. Studi ini menemukan bahwa rata-rata waktu mencuci tangan seseorang hanya sekitar 6 detik.
2. Hanya mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi
Apa pun yang disentuh tangan Anda sepanjang hari seperti tombol lift, gagang pintu atau ATM, tentu Anda berisiko mendapatkan lebih banyak bakteri. Paling sering orang mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi. Padahal, penting sekali bagi Anda untuk mencuci tangan setelah menyentuh apa pun, terutama selama musim dingin dan flu.
3. Tidak menggunakan sabun untuk mencuci tangan
Sabun dapat tidak hanya dapat membuat tangan Anda menjadi harum, tapi ramuan kimianya juga dibuat khusus untuk mengangkat kuman yang menempel pada kulit Anda. Namun, sangat sedikit bukti yang menunjukkan bahwa sabun antibakteri lebih baik dalam mencegah penyakit. Sebaliknya, gunakan sabun cair karena lebih efektif daripada sabun batangan, karena lebih kecil kemungkinannya untuk terkontaminasi.
4. Tidak membersihkan tangan dengan sabun cukup lama
Anda perlu menggosok tangan dengan sabun, setidaknya selama 20-30 detik. Gosok telapak tangan Anda, bagian atas telapak tangan, dan kuku jari dengan benar. Karena sebagian besar kuman itu berada di ujung kuku dan di antara jari-jari Anda. Gesekan menggosok kedua tangan adalah kunci menghilangkan kotoran, lemak dan mikroba dari kulit.
5. Tidak mengeringkan tangan secara menyeluruh
Jika Anda sudah mencuci tangan dengan teknik yang benar, namun Anda melewatkan mengeringkan tangan, hal itu akan berakhir sia-sia. Meninggalkan kamar mandi dengan tangan yang basah dapat mempermudah terkena kuman atau mikroba dari permukaan berikutnya yang Anda sentuh. Gunakanlah tisu kertas untuk mengeringkan tangan Anda. [Red]






0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2