PERTASPI Hadir Untuk Memajukan Industri dan Para Pelaku Semipermanen Make Up di Indonesia

Yofamedia.com, Jakarta - PERTASPI didirikan dengan tujuan utama untuk menjadi organisasi resmi yang menaungi para pelaku bisnis dan tenaga ahli/profesional Tata Rias Semipermanen atau Semipermanent Makeup (SPMU) di Indonesia agar mempunyai kualitas yang bertaraf internasional sehingga dapat bersaing dengan tenaga ahli/profesional dari negara lain.

Setelah diresmikan beberapa waktu lalu kini PERTASPI sudah memiliki sekitar 100 anggota aktif dengan berbagai keahliannya di bidang make up semipermanen. Seperti pada tujuan didirikannya PERTASPI yaitu, untuk dapat menjangkau dan menaungi anggotanya hingga bisa bersaing di taraf internasional. Salah satu komitmen PERTASPI adalah mengadakan sharing rutin membahas seluk beluk dunia semipermanen make-up setiap bulannya.

Setelah sukses dengan webinar di bulan Oktober dan November, kali ini melalui IG Live Sabtu, 10 Desember 2022 kemarin jam 10, Anggie Rassly selaku Ketua PERTASPI menyapa salah satu anggota PERTASPI, Tania Basir, yang berdomisili di Melbourne, Australia untuk berbagi pengalamannya memulai bisnis SPMU di saat pandemi.

Tania Basir merupakan Founder House of Beauty Melbourne, bisnis SPMU yang dimulainya sejak pandemi tahun 2020. “Saya mengawali bisnis ini karena tertarik pada kecantikan dan SPMU masih terbuka sekali peluangnya. Saya mulai ikut kursus online selama dua tahun, dari belajar teori, 1 on 1 consultation, latihan pengerjaan menggunakan latex, sampai praktek langsung ke 10 model. Kebetulan akademi sulam tempat saya belajar ini cukup terkenal dan diakui di Australia maupun secara global. Melalui akademi ini juga, saya dapat menjalin hubungan dengan tenaga ahli/profesional SPMU dari Australia dan mancanegara. Bisa untuk sharing knowledge atau update dengan informasi terbaru yang berguna untuk level beginner sampai master,“ tutur Tania Basir mengawali sesi sharingnya bersama Anggie Rassly.

“Pada saat mengerjakan sulam untuk klien pertama, saya sudah merasa cukup terbiasa, karena sudah banyak latihan di latex dan sudah praktek langsung dengan model-model. Hanya, memang harus tetap belajar tentang kulit setiap client dan tentang color correction yang tepat. Kulit orang Australia lebih tipis, lebih sensitif , dan lebih gampang berdarah dibandingkan kulit orang indonesia. Sedangkan karena skin tone nya juga beda, pemilihan warna juga harus hati-hati. Untuk orang Australia pigment lebih cepat masuk jadi warna tidak bisa terlalu gelap.” lanjut Tania Basir

Menurut Tania Basir, dari sisi regulasi untuk para tenaga ahli/profesional SPMU baik yang memiliki home-based business maupun commercial business di Australia juga jauh lebih jelas dan ketat dari Indonesia, “ Semua tenaga ahli/profesional SPMU harus punya sertifikasi dari badan yang diakui di Australia. Lalu untuk mendaftarkan bisnis kita, akan ada pihak yang datang melakukan inspeksi apakah persyaratan sebagai bisnis SPMU sudah dipenuhi. Untuk home-based business, working space harus terpisah dari living space, ada floor plan nya, semua area harus gampang dibersihkan, harus ada wastafel yang otomatis agar tidak mengganggu pengerjaan, harus punya tempat sampah limbah, dan lain sebagainya.”

Tania Basir menambahkan, “Saya masih terus belajar di bisnis SPMU ini, peluangnya masih besar sekali. Karena ini termasuk kategori tata rias semipermanen, jadi gampang mengikuti perkembangan tren kecantikan yang ada. Misalnya, kalau di Indonesia kliennya suka tren bentuk alis artis terkenal, kalau di Australia justru suka natural look, agar bisa enhance natural beauty setiap individu. Makanya saya yakin bisnis SPMU ini masih menjanjikan sekali.”

Tania Basir mgangatakan, “Penting juga untuk bisa ikut sebuah perkumpulan SPMU, karena disitu kita bisa mempelajari teknik terbaru, kenal dengan tenaga ahli/profesional dari berbagai negara, update dengan regulasi dari berbagai negara, sehingga kita bisa membuka peluang bisnis SPMU di negara lain. Saya senang sekali bisa bergabung dengan PERTASPI, jadi nanti pada saat ke Indonesia bisa kenalan dengan tenaga ahli/profesional SPMU Indonesia dan bertukar ilmu. Sebagai tenaga ahli/profesional SPMU, kita harus belajar terus agar bisa jadi profesional yang berkualitas dan bertaraf internasional.”

Cepat berubahnya sebuah tren kecantikan membuat setiap orang akan terus mencari solusi praktis untuk upgrade tata riasnya. Oleh karena itu, jasa sulam kecantikan masih selalu diminati dan permintaan pasarnya akan semakin meningkat. Anggie Rassly berharap dengan bergabung menjadi anggota PERTASPI para anggotanya, seperti Tania Basir, semakin semangat menjalankan bisnisnya, karena akhirnya sudah ada wadah untuk para tenaga ahli/profesional SPMU Indonesia bertukar insight dan bersama-sama saling memberikan support. Sehingga di tahun 2023, industri SPMU Indonesia akan semakin berkembang dan semakin banyak tenaga ahli/profesional SPMU Indonesia yang bisa go international. [Red]


0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2