Inovasi Torch, Brand Tas Traveling Asal Bandung Menggebrak Trend Fashion Lokal

Yofamedia.com, Jakarta - Menjelang perayaan Shopee Fashion Sale 3.3 akan ada banyak promo dan diskon yang menanti dari berbagai brand fashion lokal, salah satunya adalah Torch.

Torch merupakan sebuah fashion brand asal Bandung, Jawa Barat, yang berfokus pada travel wear. Torch memiliki berbagai infrastruktur yang fungsional, desain yang stylish, serta teknologi bahan yang ringan dan kuat untuk solusi masalah traveling bagi masyarakat.

Bersama CEO dari Torch, Ben Wirawan, Shopee melangsungkan pertemuan secara virtual dengan media untuk membahas tentang kiat Torch untuk mendobrak industri fashion lokal, Kamis (24/2).

Perjalanan bisnis Torch

Ben Wirawan mendirikan Torch bersama dengan rekannya Hanafi Salman, pada tahun 2015 di kota Bandung. Lini bisnis di bidang traveling dipilih Ben dan rekannya untuk dikembangkan, karena ia mengamati traveling telah berubah dari sekedar aktivitas perjalanan semata, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi generasi milenial dan Gen Z. 

Ben melihat bahwa kegiatan traveling di masa kini perlahan berubah seiring dengan meningkatnya intensitas perjalanan yang dilakukan seseorang, serta cara melakukan perjalanan yang menjadi lebih mudah serta lebih hemat biaya.

Dua tahun sejak didirikan, Torch masih menggunakan pendekatan konvensional untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat. Produk Torch dipasarkan melalui distributor dan agen, yang membawa banyak rintangan bagi brand milik Ben ini. Pemasaran dengan cara konvensional ini berdampak terhadap perkembangan bisnis Torch, dimana para agen seringkali tidak melunasi penjualan barang tepat waktu, dan menjadikan Torch tidak bisa meraih omzet secara maksimal.

Hingga akhirnya pada tahun 2017, dengan kondisi keuangan perusahaan yang memburuk, Ben membawa perusahaannya hijrah ke jalur digital dengan mulai mempelajari pemasaran digital dan penjualan online.Salah satunya dengan bergabung di Shopee yang berhasil membawa angin segar terhadap keberlangsungan bisnis Torch.

“Saat ini dengan zaman yang berkembang, masyarakat sudah semakin mempercayai kualitas produk lokal dan beralih menggunakannya, bahkan menjadi konsumen yang loyal. Terlebih dengan hadirnya platform seperti Shopee yang membuat konsumen semakin mudah untuk membeli produk, serta kemudahan pula untuk penjual lokal seperti kami menunjukkan hasil karya, kata Ben Wirawan

Perjalanan panjang Torch berhasil membawa brand milik Ben Wirawan ini dipercaya sebagai official merchandise dari Jakarta Film Week, festival film berskala internasional yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Tidak hanya itu, Torch pun sudah sudah membuktikan prestasinya dengan memegang 2 penghargaan Indonesia Good Design Selection, sebuah anugerah Bangga Buatan Indonesia dan menjadi salah satu penerima penghargaan internasional Golden Bauhinia Excellence Award di China. 

Keunggulan Torch yang menjadikannya terkenal di industri fashion lokal

Bergelut dalam dunia fashion yang terus berubah, Ben Wirawan membawa Torch untuk tumbuh menjadi brand fashion yang tidak hanya mengandalkan mode atau estetika, tetapi juga mementingkan performa dan kualitas produk. Maka, menjunjung prinsip “Produk Yang Baik Dimulai Dari Material Yang Baik”, kualitas dari material produk menjadi kunci utama yang diusung Torch. Terlebih Torch merupakan brand yang identik dengan tas traveling, dimana para penggemar hobi ini membutuhkan tas yang kuat tetapi tidak berat agar nyaman berkegiatan. 

Memiliki tagline #SolusiKeren, lewat produk Torch, Ben ingin berusaha memecahkan masalah-masalah yang dialami konsumen ketika menggunakan suatu produk dalam berbagai aktivitas. Dimana mayoritas konsumen Torch merupakan profesional muda dengan tingkat mobilitas tinggi yang memerlukan solusi praktis dalam membawa barang ketika traveling maupun berkegiatan sehari-hari. 

Ben terus mempelajari masalah yang dihadapi oleh para konsumennya, salah satunya kebutuhan akan aksesoris untuk menemani traveling dengan kualitas yang baik. Untuk menjawab hal ini, Torch menghadirkan inovasi ragam produk, seperti jaket, sandal, dan pakaian yang cocok dipakai di segala aktivitas dan berbagai tujuan liburan. Bahkan salah satu produk Torch, yaitu Sandal Torch Arrafa menjadi sandal yang sering dipakai konsumen saat haji atau umrah. 

Peran Shopee terhadap perkembangan Torch

Menurut Ben Wirawan, Shopee adalah sebuah market place yang sangat bagus untuk mengembangkan pasar karena memiliki jangkauan yang luas. Shopee mampu menjangkau wilayah terpencil di Indonesia, sehingga dapat menghasilkan simbiosis yang menguntungkan bagi para penjual di Shopee.

Adanya preferensi dan gaya fashion masyarakat Indonesia yang kian beragam mendorong Torch untuk selalu berkreasi mengikuti perkembangan tren fashion yang sedang digemari. Melihat akan hal ini, Torch menawarkan ragam jenis tas traveling untuk memenuhi kebutuhan traveler Indonesia yang berbeda-beda. Tipe tas dengan ukuran kecil ternyata lebih banyak disukai para pengguna Shopee dalam beberapa tahun ke belakang, seperti produk-produk tas Torch dari seri Hamura dan Aichi Waist Bag, Shibata dan Kashiba Travel Pouch, serta Ama Neck Wallet. 

Sambutan antusiasme yang tinggi dari pengguna Shopee dari waktu ke waktu menjadikan Torch semakin mantap dengan pilihan mereka untuk bergabung dengan Shopee. Menyambut kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale tahun ini, Torch siap memanjakan para pembeli setianya, yang juga akrab disapa sebagai SobaTorch, dengan ketersediaan stok dari produk-produk terbaik mereka dan juga beragam lini produk baru mulai dari tas hingga apparel yang stylish nan trendy dan dijamin berkualitas tinggi. Lebih daripada itu, pada kampanye Shopee 3.3, Torch juga akan menyuguhkan promo belanja menguntungkan sebagai bentuk apresiasi kepada SobaTorch, antara lain Diskon untuk semua produk Torch dengan Extra Voucher dan Flash Sale Discount di jam-jam tertentu hingga 50%. [Red]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2