Beberapa Langkah Mudah Tangkal Berita Hoaks

Hasil gambar untuk berita hoax
Yofamedia.com, Jakarta - Informasi palsu dan menyesatkan jadi momok yang menyeramkan bagi masyarakat saat ini. Agar tidak termakan info menyesatkan, masyarakat harus kritis ketika menerima informasi.

Belakangan masyarakat diserang dengan beredarnya informasi menyesatkan alias hoaks. Salah satu info hoaksyang sempat membuat gaduh masyarakat adalah informasi tentang makanan.

Contohnya, beberapa waktu lalu heboh kabar mengenai telur palsu dan beras yang mengandung plastik di pasaran. Kabar lain yang tidak kalah gaduh adalah nasi yang bisa terbakar.

Berdasarkan hasil penelitian Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM), sejauh ini tidak ada beras yang mengandung plastik. Masyarakat perlu mengetahui rasa pulen nasi dipengaruhi komponen penyusun pati dalam butir beras. Komponen pati tersebut terdiri dari amilosa dan amilopektin yang membuat nasi terasa pulen.    
  
Dewi Sari, Operational Director Masyarakat Anti Fitnah Indoensia (Mafindo) mengatakan hoax pangan menimbulkan dampak yang besar dalam kehidupan masyarakat. Informasi tersebut berhubungan dengan material yang dikonsumsi masyarakat setiap hari.
Alhasil, masyarakat jadi was-was saat membeli bahan pangan seperti beras atau telur.

"Info hoaks sengaja disebar luaskan kepada masyarakat untuk kepentingan persaingan usaha," kata Dewi. Umumnya, kabar hoaks banyak disebarkan melalui Whatsapp dan Telegram app.    

Agar tidak termakan dengan informasi yang menyesatkan, Anda harus kritis saat menerima informasi.

1. Jangan mudah percaya pada Informasi bombastis 
Anda sebaiknya tidak mudah percaya saat mendengar berita yang bersifat bombastis. Misalnya, saat Anda mendapatkan informasi adanya telur palsu yang tersebar di pasaran.
Dewi menjelaskan umumnya informasi yang bombastis adalah berita hoaks. Sehingga, Anda wajib waspada saat menerima informasi tersebut.

2. Waspada dengan permintaan forward pesan 
Anda harus berpikir seribu kali sebelum memutuskan untuk forward pesan kepada orang lain. Dewi menjelaskan pesan yang minta untuk disebarluaskan secara masif biasanya mengandung informasi menyesatkan.

Jadi, Anda harus memperhatikan isi pesan tersebut. Agar, Anda tidak sampai ikut menyebarkan informasi hoax ke masyarakat.   

3. Check and Recheck informasi
Anda sebaiknya melakukan riset secara sederhana saat menerima informasi yang bersifat bombastis. Bila Anda bingung cara melakukan riset tersebut, gunakan saja mesin pencari Google.

Contohnya, Anda ingin mengecek tentang kabar telur palsu. Anda dapat memasukkan keyword telur palsu di kolom pencarian Google. Kemudian, Anda akan melihat banyak informasi yang berkaitan dengan telur palsu. Sebaiknya, Anda baca dua atau tiga artikel tentang telur palsu yang dimuat media kredibel. Tujuannya, agar Anda mendapatkan informasi yang akurat tentang kebenaran informasi tersebut. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2