Beberapa Perlengkapan Sekolah Berikut Ini Baiknya DIjauhkan Dari Anak Anda

Image result for krayonYofamedia.com - Setiap orangtua tentunya ingin melakukan yang terbaik untuk sang anak, salah satunya soal perlengkapan sekolah. Ketika sang buah hati mulai memasuki usia sekolah, jauh-jauh hari segala perlengkapannya sudah disiapkan.
Penting diketahui, ada beberapa barang perlengkapan sekolah anak yang perlu dijauhkan dari sang buah hati. Ada beberapa perlengkapan sekolah yang dapat membahayakan kesehatan si kecil.
"Bahan kimia yang berpotensi berbahaya termasuk phthalates, asbestos, benzene, dan timbal semuanya ditemukan telah terkandung dalam banyak produk yang kami berikan kepada anak-anak kami di sekolah," kata Morgan Statt, pakar penyelidik kesehatan dan keselamatan.
Paparan jangka panjang terhadap bahaya ini dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker, masalah perkembangan, dan neurotoksisitas yang efeknya merugikan bagi sistem saraf.
"Efek jangka pendek terutama untuk menelan atau menghirup timah, termasuk sakit kepala, kram perut, dan nyeri otot," tambahnya.
Apa saja barang-barang si kecil yang termasuk berbahaya itu?
Ransel
Marilee Nelson, salah satu pendiri Branch Basics and Dietary and Environmental Consultant and Materials Specialist, menyarankan orangtua untuk menghindari pembelian produk yang mengandung vinil atau polyvinyl  chloride (PVC). Biasanya tas yang mengandung bahan ini terlihat lebih mengkilap dari umumnya.
"Tas punggung mengkilap umumnya terbuat dari vinil dan mungkin mengandung PVC, timbal, dan tingkat phthalates yang tinggi. Phthalates terkait dengan asma, gangguan metabolisme seperti diabetes, obesitas, gangguan endokrin, dan banyak lagi," katanya.
Marilee merekomendasikan memilih ransel yang terbuat dari serat alami seperti katun, linen, rami, atau kanvas atau serat sintetis seperti nilon dan poliester.
Krayon
"AS PIRG baru-baru ini merilis temuan beberapa merek krayon tertentu mengandung asbestos, mineral berserat yang paparannya bisa sebabkan kanker paru-paru," kata Morgan.
Salah satu caranya adalah orangtua harus memeriksa label dan pastikan produk telah lolos pengujian, dan tidak mengandung bahan yang membahayakan sang buah hati.
Tempat Makan
Banyak kotak makan yang terbuat dari plastik, bahkan yang khusus dirancang untuk anak-anak, masih terbuat dari plastik vinil yang mengandung ftalat.
"Kelompok bahan kimia ini meningkatkan fleksibilitas plastik untuk kemudahan pembuatan, tetapi juga telah dikaitkan dengan sejumlah risiko kesehatan, termasuk asma, IQ rendah, perubahan perkembangan reproduksi, dan diabetes," kata Morgan.
Phthalates dapat masuk ke tubuh ketika anak-anak menelan makanan dan minuman yang telah bersentuhan dengan produk yang mengandung phthalate ini. [Red]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2