Antisipasi Pencurian Sepeda di Monas, Startup GOWES Gunakan Teknologi Buatan Cina

Image result for aplikasi gowesYofamedia.com - GOWES, startup baru yang kini eksis di Monumen Nasional (Monas), mengembangakan aplikasi layanan bike sharing. Sejak 27 Juli 2018, Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Unit Pengelola Jakarta Smart City menggandeng GOWES untuk menyediakan layanan peminjaman sepeda berbasis aplikasi secara gratis.
Peminjaman sepeda dengan area yang cukup luas terdapat kemungkinan tidak kembalinya sepeda ke pos peminjaman. Dalam hal ini, GOWES Indonesia mengantisipasi pencurian sepeda dengan mengandalkan teknologi bike sharing Tiongkok.
"Kami mengantisipasi tindakan pencurian sepeda dengan teknologi bike sharing yang telah lebih dahulu dipopulerkan di Tiongkok," jelas Direktur PT Gowes Teknologi Indonesia Iwan Suryaputra.
Iwan menjelaskan teknologi bike sharing memungkinkan sepeda untuk diparkir di titik-titik tertentu tanpa harus dimonitor langusng oleh manusia. Hal ini akan memudahkan pengguna sepeda untuk meminjam sepeda dalam jangka waku tertentu.
Ia menekankan, sepeda dengan teknologi bike sharing kunci keamanannya terdapat pada ban sepeda itu sendiri. Jika seseorang mencoba membocorkan ban sepeda, tekanan udara yang dihasilkan dapat mengakibatkan ban itu terlontar sehingga dapat melukai bahkan membuat tangan patah.
"Sama halnya dengan karet, jika terlontar dan mengenai kulit, maka akan terasa pedih kan. Nah, begitu juga dengan ban sepeda ini," ujarnya.
Selain sistem ban yang dibuat sedemikian rupa, sepeda gratis juga dilengkapi dengan fitur Global Positioning System (GPS) yang merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang dapat memudahkan pengguna untuk mencari posisi sepeda berada.
Sementara itu, faktor ketertiban pengujung Monas juga tak bisa disamaratakan. Untuk itu, Pihak pengurus sepeda gratis di Monas, Gowes Indonesia berencana untuk memberikan imbalan bagi pengguna sepeda yang tertib.
"Ya, rencananya kami ingin memberikan reward (imbalan) untuk pengguna yang tertib menggunakan gowes," tambah Iwan.
Berdasarkan pengamatan Iwan sejak gowes gratis ini diluncurkan, masalah ketertiban masyarakat menjadi kesulitan tersendiri bagi pihak pengurus. Bahkan, Iwan bersama enam pengurus lainnya sering begadang hingga pukul 01.00 WIB untuk merapikan sepeda gratis itu.
"Sampai jam 1 malam kami membereskan sepeda-sepeda tersebut, melelahkan sekali," katanya.
Iwan berharap, dengan rencana pemberian imbalan, masyarakat dapat tertib dan lebih antusias dalam memanfaatkan fasilitas sepeda gratis tersebut. Masyarakat dapat berkendara di sekitar Monas selama jam operasional, yakni dari pukul 07.00-00.00 WIB. Untuk bisa menikmati layanan sepeda gratis, pengunjung harus mengunduh aplikasi Gowes melalui PlayStore atau AppStore di smartphone. [Red]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2