Manfaat Kopi Hitam Yang Tak Banyak Diketahui

Image result for kopi hitamYofamedia.com - Meminum kopi sudah menjadi gaya hidup seseorang dizaman modern saat ini. Selain nikmat, ternyata kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan, tapi itu jika kamu mengkonsumsi kopi hitam.

Kopi hitam sendiri merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa atau rasa apapun. Akibat murninya sebuah kopi yang disajikan tanpa campuran apapun, hal itulah yang membuat kopi hitam memiliki manfaat kesehatan.

Berikut 8 manfaat kesehatan bagi anda yang meminum kopi hitam.

1. Membuat hati sehat
Minum kopi hitam dapat meningkatkan kondisi hati, hal itu menunjukkan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir kopi hitam sehari memiliki 80 persen seseorang terhindar dari sirosis hati. Mereka juga memiliki tingkat 40 persen terhindar dari kanker hati.

2. Membantu proses penurunan berat badan
Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Minum kopi hitam dapat membantu pembakaran lemak seseorang lebih cepat. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda hanya perlu minum kopi dan anda akan jadi kurus, jika anda mengkonsumsi kopi hitam disertai berolahraga hal tersebut yang membantu pembakaran lemak lebih cepat. 
3. Membuat anda lebih cerdas

Kopi dikenal sebagai stimulan psikoaktif. Ketika Anda minum kopi, kafein akan masuk kedalam sistem pencernaan, kemudian masuk ke aliran darah hingga akhirnya sampai ke otak. Ketika kafein masuk kedalam otak, ia menghalangi salah satu neurotransmiter penghambat yang disebut adenosin. Hal ini menyebabkan mendongkrak aktivitas pada sistem saraf pusat, serta meningkatkan fungsi otak jadi lebih baik.

4. Menurunkan risiko penyakit parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang berhubungan dengan penurunan dopamin (salah satu sel kimia otak). Kafein dikenal untuk meningkatkan tingkat dopamin, jadi minum kopi hitam akan menurunkan kemungkinan terkena penyakit Parkinson.

Juga, orang yang minum kopi secara teratur telah terbukti memiliki 32 hingga 60 persen kemungkinan lebih rendah untuk terkena penyakit ini.

5. Menyediakan nutrisi penting

Kopi memiliki sejumlah besar antioksidan dan nutrisi lain yang penting seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, magnesium, kalium, dan mangan. Yang membuat aneh adalah tubuh manusia menyerap lebih banyak nutrisi dari kopi dibandingkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

6. Membantu melawan depresi

Kafein meningkatkan dopamin (salah satu sel kimia) di otak yang dikenal sebagai 'bahan kimia bahagia'. Jadi, mengkonsumsi kopi hitam akan membuat Anda lebih bahagia dan membuat Anda kurang tertekan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang minum kopi hitam memiliki kemungkinan 20 persen lebih rendah untuk menjadi depresi.

7. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2
Jika anda adalah penggemar kopi namun bukan kopi hitam, itu akan meningkatkan kemungkinan terkena diabetes akibat pemanis serta gula yang dikandung. Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi hitam dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen dibandingkan dengan mereka yang minum kopi dengan susu dan gula.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Orang yang minum empat cangkir kopi hitam sehari memiliki 15 persen menurunkan risiko kanker usus besar. Kanker usus besar adalah salah satu penyebab kematian keempat di dunia, kopi hitam juga mengurangi risiko untuk kanker kulit, terutama pada wanita yakni sekitar 20 persen. [Red]






0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2