Inilah Ciri-Ciri Seorang Psikopat

Image result for psikopat
Yofamedia.com - Pasti Anda familiar dengan kata psikopat. Apa itu psikopat? Psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa. Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat karena perilakunya yang biasanya antisocial dan merugikan orang-orang terdekatnya.
Seorang ahli psikopat bernama Robert D. Hare yang juga guru besar di Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada telah melakukan penelitian psikopat sekitar 25 tahun. Ia berpendapat bahwa seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri. Penting mengetahui tanda-tanda bahwa seseorang di sekitar Anda adalah seorang psikopat.
Pertama, mereka tidak merasa malu, bersalah, dan menyesal. Perasaan malu, bersalah, dan menyesal sejatinya adalah emosi sosial. Emosi-emosi itu dapat menyulitkan seseorang. Namun, seseorang yang mengidap psikopat maka dia tidak akan dapat merasakan emosi-emosi ini. Bahkan, mereka tidak menyesal atas tindakan mereka.
Kedua, psikopat tidak pernah mengakui kekurangannya. Mereka disebut tidak memiliki kompas moral. Artinya mereka tidak menganggap diri mereka bertanggung jawab atas tindakan negatif mereka. Jika Anda meminta psikopat untuk mengakui kekurangan mereka, mereka tidak akan melakukannya sama sekali.
Ketiga, mereka kerap menceritakan kebohongan dan membuat banyak alasan. Anda bahkan tidak dapat memprediksi perilaku mereka karena mereka selalu memiliki kebohongan di disposisi mereka. Pada saat yang sama, mereka cepat mengalihkan kesalahan serta tanggung jawab kepada orang lain.
Selanjutnya, psikopat dikenal karena keegoisan dan jahat. Mereka umumnya kurang empati terhadap orang lain. Mereka hanya fokus pada manfaat mereka sendiri. Mereka mencari persahabatan dengan motif tersembunyi.
Terakhir, tampan dalam penampilan kerap dilakukan oleh psikopat untuk menutupi diri mereka yang sebenarnya. Akibatnya, mereka memesona dan tampak nyaman dengan diri mereka sendiri. Jadi, mereka membuat orang mempercayai mereka. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2