Benarkah Sering Minum Kopi Dapat Membuat Umur Panjang?

Image result for kopi
Yofamedia.com - Selama ini pencinta kopi mungkin lebih banyak kecewa karena informasi yang beredar tentang efek samping kopi. Salah satunya kopi dapat menyebabkan sejumlah penyakit. Kali ini Anda bisa bergembira karena penelitian baru mengatakan bahwa kopi dapat memperpanjang hidup Anda.
“Kami mengamati hubungan terbalik untuk minum kopi dengan kematian, termasuk di antara peserta yang melaporkan minum setidaknya satu cangkir per hari, hingga delapan atau lebih cangkir per hari, serta mereka minum kopi yang disaring, instan dan tanpa kafein,” kata Dr. Erikka Loftfield, peneliti utama studi dan rekan peneliti di National Cancer Institute.
Para peneliti menggunakan data dari studi Biobank Inggris di mana sekelompok besar orang dewasa Inggris menyelesaikan kuesioner kesehatan, menjalani pemeriksaan fisik, dan memberikan sampel biologis.
Para peneliti menganalisis informasi yang diberikan oleh sekitar 500.000 orang yang menjawab pertanyaan tentang konsumsi kopi mereka, kebiasaan merokok, dan minum, sejarah kesehatan serta banyak lagi. Selama 10 tahun masa tindak lanjut penelitian, sekitar 14.200 orang meninggal.
Para peneliti menemukan manfaat umur panjang yang terkait dalam sejumlah jenis konsumsi kopi. Pengurangan risiko sedikit bervariasi, tergantung pada seberapa banyak kopi yang dikonsumsi seseorang.
Tapi, mereka yang minum satu cangkir kopi per hari memiliki risiko kematian  8% lebih rendah. Meningkat menjadi 16% bagi mereka yang minum enam hingga tujuh cangkir per hari, tetapi  menjadi 14%, bagi mereka yang memiliki delapan atau lebih cangkir setiap hari.
Temuan itu dikombinasikan dengan efek meningkatkan kopi tanpa kafein. Ternyata kafein bukanlah mekanisme memperpanjang hidup, Loftfield kata. Jadi, tidak mungkin untuk mengatakan jika kopi benar-benar bertanggung jawab untuk menjaga kematian, atau hanya terkait dengan kehidupan yang lebih lama.
“Pemahaman kami tentang kopi dan kesehatan saat ini didasarkan pada temuan dari studi observasional. Untuk lebih memahami mekanisme biologis potensial yang mendasari asosiasi yang diamati dari kopi dengan berbagai hasil kesehatan, studi tambahan pastinya diperlukan,” tambah Loftfield. [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2