TONGSENG DAGING

yofamedia.com, Jakarta-Tongseng adalah sejenis gulai dengan bumbu yang lebih "tajam". Yang membedakan sekali adalah pada penggunaan dagingnya.

Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Dan tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing , meskipun ada pula tongseng daging sapi dan kerbau.

Kemudian sebagai tambahan, ke dalam kuah kental dimasukkan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap. Dan bumbu merupakan oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Biasanya tongseng dijual bersamaan dengan sate kambing.

Dan ada yang bilang tongseng dianggap sebagai makanan khas daerah Solo dan sekitarnya, Namun adapula variasi Tongseng daging suir tahu di daerah Kebumen.

Yuk kita membuat tongseng daging sendiri dengan mencoba resep pilihan berikut ini :

Pertama bahan yang di butuhkan  :

-500 g Daging sapi
-100 g Kol (potong halus)
- 5 bh Tomat (potong-potong)
-6 sdm Kecap manis
-10 bh Cabe rawit
-2 sdm bubuk Kari
-1 ltr Air
-5 sdm Minyak goreng
-1bks Bumbu penyedap rasa sapi

Dan cara membuatnya :

-Panaskan wajan, beri minyak goreng lalu tumis daging sapi hingga berubah warna, kemudian masukkan bubuk kari lalu aduk rata sampai harum.
-Setelah harum masukkan air, kecap manis dan bumbu penyedap, kemudian aduk hingga rata.
-Lalu masukkan kol, tomat hijau, dan cabe rawit dan aduk-aduk kembali hingga rata,masak hingga matang, lalu angkat dan sajikan.*Mas*

*SELAMAT MENCOBA*

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2