SINOPSIS BUKU " KONSEP DAN APLIKASI PERJANJIAN PENGHINDARAN PAJAK BERGANDA"


Judul Buku : Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda : Panduan, Interprestasi, dan Aplikasi.

Editor           : Darussalam & Danny Septriadi

Penerbit       : DDTC (Cetakan Pertama, 2017)

Tebal.            :  774 Halaman

Deskripsi 

"Belakangan ini, tren renegosiasi/terminasi atas perjanjian penghindaran pajak (P3B) kian meningkat.
Sebab P3B yang selama ini di terapkan justru menimbulkan dampak buruk terhadap penerimaanegara, melalui skema-skema tertentu yang memanfaatkan celah hukum dalam P3B.

Misalnya regenosiasi P3B antara Rwanda dan Mauritius (2013). Otoritas pajak Rwanda merasa selama ini ada praktek penyalahgunaan P3B karena investor mendirikan perusahaan ( conduit) di Mauritius, tetapi memiliki kegiatan ekonomi di Rwanda.
Hal yang sama dilakukan oleh Mawawi dengan Belanda (2015), Afrika Selatan dengan Belanda (2013), serta india dengan Siprus.
Beberapa study jam ga membuktikjan bagaimana jaringan P3B justru sering di manfaatkan untuk skema penghindaran pajak dan merugikan negara mitra P3B lainnya.
Bahkan dari hasil study atas 903 P3B di dunia, menunjukkanan adanya implikasi turunnya penerimaan pajak di negara berkembang ( Braun dan Zagler, 2014).

Dan masih banyak paparan lainnya, Untuk pertukaran informasi ini cukup banyak di uraikan dalam buku ini, mengingat hal tersebut juga telah diatur dalam pasal 26 P3B.
Berbagai ragam isu terkini perpajakan global juga telah dijelaskan secara lengkao dalam bab khusus di buku ini.
Terakhir, buku ini sangat menarik dibaca karena dapat menjelaskan apa-apa aja yabg perlu dipahami para stakeholder perpajakan atas sistem pajak internasional.

Dan buku ini sangat membantu memahami konsep- konsep fundamental dalam P3B yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan perkembangan kebijakan pajak secara global.

(Red/Why)

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2