Jangan Sembarangan Mengurut Sendi yang Terkilir

Image result for keseleo
Yofamedia.com - Terkilir atau yang biasa dikenal dengan sebutan keseleo merupakan sebuah cedera pada ligamen, jaringan yang menghubungkan dua atau lebih tulang pada sendi. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada pergelangan kaki akibat aktivitas fisik seperti berolahraga.
Pada umumnya, masyarakat di Indonesia selalu mengobati kaki atau tangan yang terkilir dengan cara diurut oleh tukang urut. Padahal kebiasaan tersebut merupakan hal yang keliru, bahkan membahayakan. Hal ini dinyatakan oleh dr.Dedy Kartawidjaja yang merupakan Head Of Medical Affairs Mundipharma Indonesia.

"Jadi diurut itu adalah sebuah tindakan yang paling salah, terkilir berbeda dengan salah urat atau salah otot. Bisa aja itu kelihatan seperti terkilir, tapi mungkin pada kenyataannya bisa aja sendi atau engsel yang kena (bermasalah) bahkan patah tulang," ujar dr.Dedy.

dr.Dedy sendiri juga menilai bahwa seseorang yang langsung di urut setelah menganggap dirinya hanya terkilir sangat berbahaya.

"Bisa dibayangkan kalau kita nyangkanya terkilir terus diurut, padahal belum tau penyebabnya, ternyata patah tulang. Jadinya ngejerit-jerit pas diurut, jerit jerit sering dianggap biasa ketika diurut, padahal dia jerit-jerit bukan karena dia terkilir, bisa aja dia patah tulang atau sendi dan engselnya yang bermasalah bukannya sembuh malah bikin tambah parah," tambah Dokter Dedy.

Untuk itu dr.Dedy menyarankan ketika seseorang merasa terkilir, sebaiknya segera di bawa ke dokter untuk pemeriksaan dan rontgen agar diketahui penyebab sebenarnya. Selain itu juga untuk menghindari dari hal-hal yang tak diharapkan. [Red]






0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2