Lima Tips Menjaga Kondisi Kesehatan Saat Cuaca Tak Menentu

Image result for demam
Yofamedia.com -  Cuaca yang tak menentu seperti hujan di pagi hari dan terik panas di siang hari membuat badan terasa tak nyaman dan mudah terserang penyakit. Flu, pilek, masuk angin dan meriang adalah beberapa contoh penyakit dari tidak menentunya cuaca ini.

Cuaca tak menentu ini dapat membuat sistem kekebalan tubuh bisa menurun drastis. Ini yang membuat virus-virus penyakit menyebar dengan mudah apabila kita tidak pandai menjaga kondisi tubuh.

Di bawah ini adalah tips dari Dokter Dedy Kartawidjaja yang merupakan Head Of Medical Affairs Mundipharma Indonesia untuk menjaga kondisi tubuh saat cuaca tak menentu.

1. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup menurut standar kesehatan yang baik adalah 7 jam per hari secara komulatif. Usahakan selalu tidur minimal 7 jam untuk menjaga kondisi badan yang banyak melakukan aktivitas. Selain itu usahakan agar dapat tidur di siang hari selama 1 jam bila memungkinkan. Ini akan lebih baik.

2. Minum air putih yang lebih dari cukup
Standar minum air putih yang cukup adalah sebanyak 8-10 gelas perhari. Namun minum air putih yang cukup hanya berlaku di cuaca yang baik, jika cuaca yang tidak menentu seperti saat ini sebaiknya di lebihkan dari 10 gelas per hari.

3. Makan yang teratur
Makan secara teratur sangatlah penting sebagai asupan gizi dan nutrisi seseorang dalam hidup. Konsumsi buah dan sayuran setiap makan menjadi asupan yang tak kalah penting, selain itu perhatikan takaran porsi agar tidak kurang maupun lebih agar sesuai dengan kebutuhan.

4. Olahraga teratur
Melakukan olahraga tidak harus yang berat-berat. Asal teratur, olahraga ringan juga sama baiknya untuk tubuh. Lakukan olahraga seperti jogging, jalan santai, bersepeda, berenang dan olahraga ringan kainnya selama 15 atau 30 menit setiap hari.

5. Konsumsi multivitamin
Mengkonsumsi multivitamin merupakan tambahan yang baik agar daya tahan tubuh terjaga. Konsumsi multivitamin sesuai aturan dan tidak melebihi dosis yang bisa membahayakan. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2