Resmi Akuisisi PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF), Bank BTPN Gelontarkan Rp. 6,55 Trilliun

Yofamedia.com, Jakarta – PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) sebagai penyedia solusi keuangan yang komprehensif, Rabu 27 Maret 2024 resmi mengumumkan akuisisi kepada dua perusahaan pembiayaan yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF) yang merupakan perusahaan penyedia solusi keuanagn yang komprehensif bagi masyarakat di Indonesia.

Bergabungnya PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) sebagai pemegang saham baru merupakan sebuah langkah positif agar OTO Group dapat terus menghadirkan produk dan layanan pembiayaan yang semakin komprehensif dan semakin relevan bagi masyarakat. Dan memperkuat sinergi antara PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) dan OTO Group dalam menangkap peluang pertumbuhan pasar pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia.

“Akuisisi Bank BTPN terhadap OTO Group menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portofolio bisnis yang semakin lengkap untuk melayani segmen nasabah lebih luas. Bergabungnya OTO Group ke ekosistem Bank BTPN dapat mendorong inovasi produk dan layanan agar semakin relevan, memberikan nilai tambah dan mendorong terciptanya kehidupan yang lebih berarti bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah kami,” Jelas Henoch Munandar, Direktur Utama PT Bank BTPN Tbk.

Setelah penyelesaian akuisisi tersebut, komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF akan menjadi sebagai berikut: PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) sebesar 51%, PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan Sumitomo Corporation sebesar 34%, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 15%. Integrasi OTO Group ke jaringan PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) diharapkan dapat semakin melengkapi portofolio produk dan layanan Perseroan yang senantiasa relevan bagi nasabah.

Sebagai Presiden Direktur SOF dan CEO OTO Group Victoria Rusna mengatakan “Penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi OTO Group selama hampir tiga dekade melayani masyarakat Indonesia, dimana sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat, serta dapat menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih luas jangkauannya kepada masyarakat, khususnya masyarakat daerah terpencil atau yang belum terjangkau layanan keuangan”.

Kolaborasi PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) dan OTO Group akan mencakup beberapa lingkup, antara lain : Pembiayaan bersama (joint financing), Perluasan ekosistem bagi kedua entitas melalui pemanfaatan masing-masing jaringan cabangnya di Indonesia,dan Peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program pelatihan bersama. Diharapkan akan dapat memperluas potensi basis pelanggan OTO Group, serta dapat meningkatkan kualitas kehidupan finansial masyarakat Indonesia.

“PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) telah menyelesaikan rights issue sebesar Rp. 6,73 Trilliun dan untuk total sementara akuisisi OTO Group yang dilakukan oleh PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) sebesar Rp. 6,55 Trilliun” tutup Henoch Munandar. [Erw]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2