Film Antikalpa, Horor Taiwan tentang Ritual Sesat

Yofamedia.com, Jakarta - Antikalpa merupakan film horor Taiwan yang diangkat dari kisah novel horor terlaris. Film ini mengikuti kisah seorang perempuan bernama Wang Shu Ya (Vicky Tseng) yang melakukan ritual terlarang, demi bisa mengembalikan putrinya.

Namun, permintaannya tadi hanya bisa dikabulkan, jika Wang Shu Ya bersedia "membayarnya". Siapa sangka ritual untuk memanjatkan keinginan tersebut justru menjadi malapetaka yang mengerikan.

Secara keseluruhan Antikalpa memiliki kisah horor mengenai ritual terlarang yang dilakukan di bulan Hantu. Di bulan tersebut, masyarakat percaya bahwa ada berbagai hal yang tidak boleh dilakukan. Mereka juga harus bisa melindungi diri dengan tidak berdoa di kuil dan menyembah Dewa yang salah.

Di sisi lain, kisah Antikalpa juga sajikan adegan-adegan thriller yang menegangkan. Ada aksi-aksi yang dilakukan oleh trio Wang Yu Fan (Regina Lei), Ah Dai (Huang Guang Zhi), dan Xiao Pang (Troy Liu) untuk membawa kembali jiwa Wang Shu Ya yang hilang, karena ritual terlarang.

Antikalpa memulai kisahnya dari urban legend di Taiwan yang menyebut, jika ada sejumlah larangan yang tidak boleh dilakukan selama bulan Hantu berlangsung. Namun, masih ada beberapa orang yang akhirnya melakukan ritual pemujaan kepada Sang Dewi di Kuil Yin. Di mana akhirnya itu menjadi malapetaka untuk para pemujanya.

Meski kisahnya dimulai dari sana, tapi hal tersebut justru menjadi kelemahan dalam film ini. Bagaimana tidak, Antikalpa tak menjelaskan latar belakang atau asal-usul tentang ritual pemujaan kepada Sang Dewi tadi. Filmnya hanya menjelaskan secara singkat bagaimana akhirnya Kuil Yin jadi tempat berdoa yang salah, karena pemujanya justru melakukan ritual penyembahan kepada iblis.

Kisah romansa memang bukan jadi cerita utama dalam film ini. Namun, bumbu romansa jadi penghubung cerita antara karakter Wang Yu Fan dan Ah Dai. Hal inilah yang nantinya membuat Ah Dai rela melakukan apa pun, demi bisa menyelamatkan Wang Yu Fan dari ritual terlarang yang sempat mereka lakukan, demi bisa mengembalikan Wang Shu Ya.

Memang, kisah romansa antara kedua karakter tersebut tidak intens. Namun, hal itu jadi semacam oasis bagi penonton di tengah-tengah adegan horor dan thriller yang intens.

Wang Yu Fan dan Ah Dai sudah menjalin persahabatan, namun, Ah Dai diminta oleh ayahnya untuk tidak terlalu dekat dengan Wang Yu Fan. Sebab, keduanya ternyata memiliki kekuatan yang saling bertolak belakang.

Ah Dai memiliki lengan terkutuk. Di mana lengan sebelah kirinya terdapat seperti luka bakar yang jika disiram oleh air suci bisa sampai mengeluarkan asap. Dari situlah diketahui, jika Ah Dai sebenarnya memiliki kekuatan berunsur api yang bisa menghilangkan roh jahat dari tubuh seseorang.

Di sisi lain, Wang Yu Fan justru memiliki kemampuan yang berunsur air. Kekuatan yang saling bertolak belakang ini membuat mereka sebenarnya tidak bisa saling melindungi satu sama lain.

Antikalpa punya ending yang bisa dibilang menjawab dan menyelesaikan semua konflik yang dihadirkan. Namun, ending tersebut seperti bersambung di post-credit scene-nya. Ada lembaran konflik baru yang dimulai di bagian post-credit scene. Namun, adegannya yang singkat dan menggantung justru memancing penonton untuk berpikir, bahwa kisahnya sebenarnya open ending.

Antikalpa bisa menjadi referensi film untuk kamu yang menyukai genre horor. Meski menyajikan kisah horor dan thriller, tapi film ini tidak sedetail itu menggambarkan asal-usul ritual terlarang hingga bagaimana Ah Dai bisa mendapatkan lengan terkutuknya. Hal itulah yang mungkin akan membuatmu bertanya-tanya.

Di negara asalnya, Antikalpa sudah tayang sejak 21 Juni 2023 lalu. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena film ini juga tayang di bioskop Indonesia mulai 23 Agustus 2023. [Red]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2