Ingin Mudik yang Aman dan Nyaman? Simak 7 Tips Ini!

Yofamedia.com, Jakarta - Memasuki bulan Ramadhan sudah tentu membuat siapa pun langsung terpikir Hari Raya Idul Fitri. Untuk sebagian kalangan, terutama para pendatang, Idul Fitri, sangat identik dengan mudik. Itu sebabnya, jauh-jauh hari sebelum Idul Fitri tiba, bahkan jauh-jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan, banyak dari Anda yang sudah merencanakan dengan detail mengenai hal-hal teknis dari acara mudik tersebut. 

Anda salah satu orang yang akan mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri nanti di kampung halaman? Pastikan Anda tahu dengan syarat penerbangan terbaru. Supaya semuanya bisa berjalan dengan lancar. Dan tak hanya itu, berbagai persiapan pun harus Anda lakukan.

 

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya mudik nanti bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

 

1. Mempersiapkan Persyaratan Perjalanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mudik yang aman dan nyaman adalah dengan mempersiapkan berbagai persyaratan perjalanan. Meski pandemi sudah berlalu, tetap saja Anda harus masuk ke dalam persyaratan tersebut. Misalnya saja sudah vaksinasi 3 dosis (booster) sehingga tidak perlu melampirkan hasil negatif tes RT-PCR atau pun hasil rapid antigen. Begitu juga jika membawa anak-anak. Semua harus sudah masuk persyaratannya. Pokoknya, baca dengan detail berbagai aturan dan persyaratan perjalanan ini.

 

2. Memastikan Kondisi Tubuh dalam Keadaan Fit

Saat mudik, Anda dan keluarga tentu sedang menjalankan ibadah puasa. Nah supaya mudiknya lancar, pastikan kondisi tubuh Anda dan semua orang yang ikut mudik dalam keadaan fit dan sehat. Caranya tentu Anda semua sudah tahu. Yakni dengan makan makanan bergizi saat sahur; minum air putih yang cukup; jika perlu mengonsumsi vitamin tambahan; dan juga cukup tidur serta cukup istirahat. Dan tentu, jika diperlukan, memeriksakan tubuh ke dokter atau paramedis lainnya bisa Anda lakukan.

 

3. Menentukan Rute Perjalanan

Mudik yang aman dan nyaman juga tak luput dari rute perjalanan mudik yang nyaman juga. Nyaman di sini dalam artian rutenya tidak terlalu jauh, tidak melewati jalan yang sulit, dan juga tidak terlalu macet. Untuk itulah, saat hendak mudik, pikirkan rute yang paling nyaman. Dan tentu hal ini diputuskan berdasarkan pada pertimbangakan ini – itunya. Seperti rute perjalanan darat, rute perjalanan udara, biaya, dan lain-lain. Untuk urusan transportasi, Anda bisa mempercayakan Traveloka. Perjalanan darat dan perjalan udara mudik Anda bisa jadi aman dan nyaman. Harganya juga bisa sangat terjangkau. Cek saja aplikasi Traveloka!

 

4. Mencari Waktu Mudik yang Tepat

Setelah pertimbangan ini – itu, saat hendak mudik juga Anda harus memperhitungkan waktunya. Ya, Anda harus bisa mencari waktu yang tepat untuk mudik. Pertimbangannya bisa mulai kapan Anda libur kerja, budget yang Anda miliki, ketersediaan tiket pesawat, dan lain-lainnya. Sebagai tipsnya, jangan menentukan waktu mudik terlalu dekat dengan Hari Raya Idul Fitri. Ketersediaan tiket bisa sangat terbatas. Malah bisa jadi, Anda tidak kebagian tiket. Jika pun ada, harganya biasanya jauh lebih mahal. Dan di samping itu, macet di perjalanan sudah pasti Anda dapatkan.

 

5. Membeli Tiket Jauh-Jauh Hari

Mudik yang aman dan nyaman sangat bisa terjadi jika Anda sudah memegang dengan pasti tiketnya. Ya, untuk hal ini, supaya Anda tenang, belilah tiket jauh-jauh hari. Selain membuat Anda tenang, membeli tiket jauh-jauh hari juga bisa membuat harga tiketnya jauh lebih murah. Anda pun jadinya tidak akan kehabisan tiket.

 

6. Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Pandemi memang sudah berlalu. Akan tetapi tidak hilang sama sekali. Virus Covid-19 masih ada di sekitar kita. Untuk itu, jangan kendorkan protokol kesehatan. Tetaplah Anda menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Sebab saat mudik, apalagi saat Anda berada di tengah-tengah banyak orang dari berbagai macam penjuru dengan keadaan kesehatan yang tidak Anda ketahui dengan jelas, risiko untuk terkena penyakit, termasuk virus Covid-19, itu sangat besar.

 

Selalu menggunakan masker, banyak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, serta selalu menjaga jarak harus selalu Anda terapkan. Lindungi diri Anda sendiri dan juga orang-orang yang Anda cinta, termasuk juga orang lain yang ada di sekitar Anda di selama dalam perjalanan. Jangan sampai kesehatan Anda dan mereka terancam karena kendornya protokol kesehatan.

 

7. Membawa Perlengkapan Secukupnya

Mudik tidak harus berlangsung lama. Beberapa hari saja, misalnya hanya 1-3 hari saja, juga bisa Anda lakukan. Jika mudiknya tidak lama, Anda tak harus membawa banyak perlengkapan. Bawa saja perlengkapan secukupnya. Dari mulai pakaian hingga kebutuhan lainnya. Dan jika pun mudiknya lama, perlengkapan juga tetap bawa seperlunya saja. Toh pakaian misalnya, bisa Anda cuci – pakai saat di tempat mudik. Pikirkan saja perlengkapan apa saja yang paling penting untuk dibawa.

 

Itu dia beberapa tips yang harus Anda lakukan agar bisa mudik dengan aman dan nyaman. Pastikan Anda melakukan semuanya supaya mudik Anda bisa lancar. Selamat mudik! [Red]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2