VISIKU Hadir Untuk Membantu Para UMKM dan Para Investor

Yofamedia.com, Jakarta - PT Amantra Investama Indodana meluncurkan platform terbaru dengan nama VISIKU pada Rabu (18/1/2023). VISIKU merupakan platform layanan urun dana melalui penawaran efek berbasis teknologi informasi atau securities crowdfunding.

Riko Permana selaku SME Manager VISIKU menjelaskan, bahwa VISIKU telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding melalui surat keputusan No. KEP88/D.04/2022 Tanggal 7 Desember 2022.

Riko menambahkan, VISIKU sangat mendukung Pemerintah dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). VISIKU hadir untuk memberikan solusi permodalan kepada UMKM untuk mengembangkan atau eskpansi usaha, sehingga mereka akan dapat scale up bisnisnya dan menawarkan alternatif investasi kepada masyarakat.

Saat ini, terdapat dua jenis efek yang ditawarkan di platform VISIKU, yaitu efek bersifat ekuitas (saham) dan efek bersifat utang (obligasi) yang diterbitkan oleh UMKM. Kedepannya, VISIKU juga akan menawarkan efek berupa sukuk yang saat ini masih dalam proses perumusan di internal.

Melalui VISIKU, Pemodal dapat berivestasi sesuai preferensinya. Atas investasinya tersebut, Pemodal juga berhak atas dividen, kupon atau imbal hasil. Sektor bisnis yang menjadi target VISIKU pada tahun 2023 ini antara lain properti, toko retail, manufaktur, agrobisnis, food and beverage, rumah sakit, klinik kesehatan dan kecantikan, dan sektor lainnya yang memiliki potensi pertumbuhan kedepannya berdasarkan hasil riset internal dengan mempertimbangkan pasar sasaran dan kriteria risiko yang dapat diterima.

Adapun syarat utama untuk dapat menjadi penerbit di VISIKU disesuaikan dengan POJK 57 tahun 2020 antara lain badan usaha di Indonesia yang berbentuk badan hukum maupun badan usaha lainnya; bukan badan usaha yang dikendalikan baik langsung maupun tidak langsung oleh suatu kelompok usaha atau konglomerasi; bukan perusahaan terbuka atau anak perusahaan terbuka; kekayaan bersih maksimum Rp10.000.000.000,00, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha; modal disetor maksimum Rp30.000.000.000,00; Omset per tahun maksimum Rp50.000.000.000,00.

Bagi Penerbit dan Pemodal yang tertarik dapat segera melakukan pendaftaran melalui website visiku.co.id. [Red]


0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2