Jakarta Film Week 2022 Hadirkan Series on Screen Doa Mengancam

 


Yofamedia.com, Jakarta - Setelah pandemi melandai, industri film dan konten menggeliat kembali. Bahkan saat ini, perkembangan industri konten semakin membaik. Salah satunya dengan bertumbuhnya platform Over The Top (OTT) lokal. Dengan hadirnya platform-platform tersebut, konten orisinal, termasuk series lokal pun semakin digemari penonton Indonesia. Oleh karena itu, di penyelenggaraan Jakarta Film Week tahun ini, menghadirkan sebuah program baru yaitu Series on Screen. Sebuah terobosan untuk mengapresiasi wujud lain sinema yang tengah digemari masyarakat. Program ini membuka panggung apresiasi bagi series pilihan dan direncanakan ada terus pada edisi-edisi Jakarta Film Week mendatang. 

“Kami ingin mengapresiasi lebih dengan menghadirkan program baru khusus untuk series di penyelenggaraan tahun ini. Semoga program ini bisa terus menjadi bagian dari Jakarta Film Week dan nantinya bukan cuma series lokal tapi juga internasional bisa menjadi bagian dari Jakarta Film Week di penyelenggaraan selanjutnya,” tutur Rina  Damayanti selaku Festival Director Jakarta Film Week 2022 . 

Doa Mengancam, sebagai series original Vidio adalah yang terpilih masuk ke dalam program ini. Series ini ditayangkan saat Jakarta Film Week 2022 berlangsung, pada Jumat, 14 Oktober 2022. Para filmmaker yang ada di balik series Doa Mengancam ikut mengapresiasi adanya program terbaru dari Jakarta Film Week 2022 ini. 

“Adanya section khusus series ini sangat menarik. Dengan begitu Jakarta Film Week telah mengikuti perkembangan sinema dunia yang diakui sebagai medium demokratis bagi penciptanya. Series merupakan medium yang sangat unik dan memiliki treatment berbeda dengan sinema. Sangat layak diapresiasi. Dengan adanya section series OTT, para pekerja series, khususnya sutradara series, mendapatkan tempat sejajar dengan filmmaker sinema,” ungkap Hanung Bramantyo, selaku sutradara series Doa Mengancam.

Monika Rudijono selaku Managing Director Vidio juga ikut senang series Doa Mengancam bisa ditayangkan perdana di Jakarta Film Week 2022. Menurutnya, Doa Mengancam memang memiliki keunggulan tersendiri, “Doa Mengancam memiliki alur cerita yang sangat menarik, membuat penonton akan menebak-nebak apa yang akan terjadi berikutnya. Cerita dari Doa Mengancam pun dekat dengan kehidupan warga Indonesia, di mana series ini mewakili pertanyaan terbesar kita tentang cinta, harapan, keyakinan dan kehidupan. Kali ini kami berkolaborasi dengan Hanung Bramantyo, sineas ternama Indonesia yang kualitas karyanya tidak perlu diragukan lagi. Sinematografi maupun cerita selalu dikemas dengan apik dan dengan detail luar biasa. Series ini pun menghadirkan nyawa baru dari film pendahulunya karena menghadirkan talenta muda Indonesia seperti Kevin Ardilova dan Tissa Biani sebagai pemeran utama,” ungkap Monika Rudijono. 

Selain adanya program Series on Screen, hadir pula satu penghargaan baru yang dikhususkan series, yaitu Series of The Year. Judul-judul yang terpilih berkompetisi untuk kategori ini antara lain Pertaruhan The Series (2022) dari  Vidio, karya Sidharta Tata. Royal Blood (2022) dari Vision+ karya Eko Kristianto. Angling Dharma (2021) dari Maxstream karya Ungke Kaumbur dan Wawan Jungut. Write Me A Love Song (2021) dari VIU karya Emil Heradi dan Sidharta Tata, dan Yang Hilang Dalam Cinta (2022) dari  Disney+ Hotstar karya Yandy Laurens. 

Dengan adanya program khusus series ini diharap bisa memantikk geliat para kreator untuk bisa menghasilkan karya-karya baru dalam bentuk series. Dengan begitu kita bisa membuktikan bahwa industri film dan konten bisa kembali bersinar dan menjadi lebih kuat, meski sempat dihantam badai pandemi global. 

Jakarta Film Week diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku industri film dan konten Indonesia, terutama di Jakarta agar semakin berkembang baik secara wacana, keterampilan juga pengembangan jaringan. Selain itu dapat menjadi pemicu bagi industri film dan konten di daerah lain untuk semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kualitas industri film dan konten di Indonesia secara keseluruhan. Seluruh program dan informasi terkait Jakarta Film Week sudah dapat diakses di laman www.jakartafilmweek.com dan Instagram @jakartafilmweek. [Red]


0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2