Jaringan Jurnalis Musik Gelar “Kaset Award” Penghargaan Untuk Pelaku Industri Musik di Tanah Air

 

Yofamedia.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 saat ini perlahan sudah mulai mereda, dan setelah melewati masa pandemi roda perekonomian di Indonesia perlahan mulai membaik. Begitu juga dengan industri musik mulai marak dan normal kembali. Bahkan banyak nama-nama pendatang baru potensial yang bermunculan di panggung musik nasional bahkan international.

Melihat situasi ini, beberapa jurnalis yang menulis atau konsen pada berita seputar musik melihat hal positif di industri musik yang layak di apresiasi. Sebagai jurnalis yang lama meliput dan menulis tentang musik, kami ingin memberikan sumbangsih dan perhatian kepada hal tersebut dengan mengadakan penghargaan yang kami namakan Kaset Award, ujar Andre Stroo selaku Inisiator Kaset Award.


Andre menambahkan, "Saat ini jumlah jurnalis yang bergabung di Jaringan Jurnalis Musik (JJM) sebanyak 45 nama yang berasal dari Jakarta dan beberapa kota lainnya, dapat dipastikan jumlah ini masih akan terus bertambah. JJM bekerja secara independent, dan dinaungi oleh Deteksi Production. Kurasi untuk Award ini sudah dimulai sejak bulan April 2022 lalu."

"Kenapa penghargaan ini dinamakan ‘Kaset Award’ karena ada beberapa pertimbangan, selain mudah diingat, kaset menjadi icon bagi pelaku industri musik dan juga pernah digunakan para awak media untuk melakukan aktivitas dalam bekerja (wawancara). Dan kaset pernah memasuki masa kejayaan di industri musik dunia," jelas Andre.


Ditempat yang sama Harry Koko Santoso selaku Penasehat menjelaskan, "Penghargaan berbentuk award, diperlukan sebagai tanda eksistensi dan menghargai musisi atau pelaku industri musik atas karya atau apa yang pernah mereka buat di perjalanan industri musik."

Hal ini sesuai dengan moto yang diusung Jaringan Jurnalis Musik “Memacu Ekosistem Industri Musik Tanah Air”. Maka kami Jaringan Jurnalis Musik mengadakan  ‘Kaset Award’ untuk mensupport kemajuan dan maraknya industri musik tanah air.

Awarding tahunan yang akan diselenggarakan secara kontinyu. Persembahan Jurnalis Musik Untuk Musik Indonesia. Sejauh ini, di Indonesia hanya ada satu award untuk musik yang menjadi acuan. Padahal di banyak negara, sudah ada lebih dari 1 award untuk industri musik.

Dengan memilih 10 kategori yang beberapa diantaranya tidak ada di banyak award lainnya. Kategori yang akan dipilih pada award ini yaitu:

1.     Pendatang Baru Terbaik

2.     Solois Pria Terbaik

3.     Solois Wanita Terbaik

4.     Band Terbaik

5.     Kolaborasi Musik Terbaik

6.     Soundtrack Lagu terbaik

7.     Artwork Terbaik

8.     Videoclip Terbaik

9.     Konser Terbaik

10.  Music Festival Terbaik

Pilihan kategori tersebut berdasarkan lagu atau album yang resmi dirilis atau konser atau event yang baru diadakan pada masa penjurian. Pada pemilihan kategori di atas tidak dibagi berdasarkan genre, akan tapi dilihat dari kualitas performa, dan hasil penjualan lagu atau album hanya menjadi pertimbangan terakhir, jelas Mahdesi Iskandar selaku Database.



"Sistem kurasi dilakukan setiap bulan. Dimana seluruh member Jaringan Jurnalis Musik bisa mengajukan kandindat yang dipilihnya secara pribadi, dan di akhir bulan akan dilakukan vote bersama-sama untuk dipilihnya pemenang di setiap bulan. Pemenang perbulan di masing-masing kategori ini nantinya akan divote di akhir tahun (Maret 2023) untuk dipilih pemenang yang berhak mendapatkan ‘Kaset Award’. Akan tetapi ada penghargaan tiap bulannya, buat artis / band yang memang memiliki potensi luar biasa. Diharapkan kegiatan ini, bisa memacu kreatifitas para pelaku industri musik di tanah air, tutup Andre " [Lia]


0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2