Airlangga Hartarto Resmikan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022

Yofamedia.com, Jakarta – Perhelatan akbar Indonesia International Motorshow (IIMS) Hybrid 31 Maret - 10 April 2022 di Jiexpo Kemayoran, yang sarat inovasi teknologi dan terbosan digital terkini, resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Bapak Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T,  di JI Expo Kemayoran. 

Event tahunan yang digagas Dyandra Promosindo, menghadirkan hampir seluruh brand roda 2 dan roda 4. Termasuk kendaraan  listrik (electric vehicle) yang menjadi prioritas pemerintah dalam presidensi G20.  

“Melalui IIMS Hybrid 2022 ini pula, Kami berharap dapat lebih erat berkolaborasi dengan seluruh stakeholders dan ekosistem  otomotif untuk bersama-sama mengambil peran dalam menyukseskan program transisi energi bersih untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060," sebut Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, dalam laporan sambutannya.  

Menko Bidang Perekonomian,  Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyatakan, kontribusi sektor otomotif atau alat angkut, tumbuh sekitar 4,52%. Utilisasi di sektor kendaraan bermotor sudah membaik termasuk juga penjualan dengan adanya insentif PPnBM, yang merupakan bagian dari program pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional.   

"Pemerintah berhasil merealisasi insentif PPnDPT di tahun 2021 dengan budget Rp 3,46 Triliun, dan realisasinya mencapai Rp 4,64 Triliun (133%)," sebut Airlangga.  

Ini menunjukkan antusiasme masyarakat dan pulihnya market demand. Adapun di tahun 2022, realisasi dari PPnBM sebesar Rp 15,8 Miliar untuk Januari s/d Februari 2022. Kegiatan penjualan juga mencatat peningkatan di bulan Februari sebanyak 81.000 unit. Dibandingkan tahun lalu, naik sebesar 65%. "Jadi secara keseluruhan sektor otomotif roda 4 roda 2 dapat dikatakan telah kembali pulih," tegas Airlangga Hartarto. 

Diketahui, Pemerintah juga terus mendorong geliat industri otomotif melalui Peraturan Menteri keuangan. Pengurangan PPnBM 100% bagi roda 4 yang harganya di bawah Rp 200 juta pada Q1 akan berlanjut hingga Q4 dan akan turun secara proporsional. Demikian juga untuk kendaraan bermotor yang harganya Rp 200-250 juta. 

“Ini sumbangan konkrit pemerintah terhadap sektor otomotif. Pemerintah juga mendorong percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Diharapkan dalam tahun ini akan ada 3 pabrik mobil listrik yang akan launching di Indonesia," sebut Menko Perekonomian.  

Menurutnya, pelaksanaan IIMS Hybrid 2022 yang mengusung tema “your infinite  automotive experience”, diharapkan menjadi ajang untuk menampilkan beberapa inovasi teknologi. Yang  terpenting adalah menyediakan kendaraan yang target pasarnya  masyarakat berpenghasilan menengah, guna mendorong meningkatnya utilisasi dan kemampuan masyarakat yang daya belinya tertekan akibat peningkatan harga beberapa komoditas dan geopoliltik yang secara umum berakibat pada sektor energi dan pangan.  

"Untuk itu, transisi ke mobil listrik menjadi sebuah keharusan. Karena 1L bensin dengan harga Rp15.000 s/d 17.000 setara dengan 1,5 kwh atau sekitar 10% dari harga bensin, yaitu Rp 1.500 per 1,5 kwh tanpa subsidi pemerintah. Jadi kendaraan listrik adalah solusi teknologi untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap minyak. Saya juga berharap agar pameran ini dapat menjadi wadah untuk pertumbuhan industri paska pandemi COVID-19. Kami mendukung dan mengucapkan selamat atas penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022 untuk mendorong induustri bisa pulih lebih cepat," papar Menko Bidang Perekonomian. 

Selaku penyelenggara, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh menegaskan perhelatan IIMS setiap tahun merupakan wujud nyata kinerja Dyandra Promosindo dalam menstimulasi pertumbuhan industri otomotif serta ekosistem industri kreatif yang berada di dalamnya.   

Sebagai bentuk upaya apresiasi Dyandra Promosindo kepada pelanggan, IIMS Hybrid 2022 telah menyiapkan grandprize 4 unit mobil dan 2 unit motor. Keunikan lain dalam IIMS Hybrid 2022 kali ini, ialah adanya IIMS NFT Society.  

“IIMS Hybrid 2022 turut menghadirkan keunikan tersendiri, melalui IIMS NFT Society atau teknologi Non-Fungible Token IIMS Hybrid 2022 yang bekerjasama dengan Loket.com akan menjadi sarana interaktif baru insan otomotif," sebut Hendra. 

Masih dalam rangkaian opening ceremony, Menko Bidang Perekonomian melakukan sesi test drive unit Toyota Kijang Innova BEV didampingi President Director Toyota Astra Motor Susumu Matsuda , Vice President Director Henry Tanoto, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufik Bawazier, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, I Gusti Putu Surya Irawan serta Presdir Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh melakukan charging pada charging station. Diketahui, Toyota Kijang Innova BEV merupakan unit simbolisasi charging pada kendaraan Toyota yang pertama kali tampil secara perdana di IIMS Hybrid 2022.    

Sekilas tentang penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022, sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan motor dan mobil akan turut meramaikan pameran ini. Aftermarket dari Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) serta puluhan brand aftermarket lainnya juga turut hadir.   

Bertepatan dengan awal Bulan Ramadan dan penerapan Prokes ketat, sejumlah program menarik yang telah menjadi trademark IIMS selama ini, mengalami penyesuaian, dengan harapan agar penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022 tak kehilangan esensi dan pesan. Sehingga perhelatan IIMS Hybrid 2022 akan menghadirkan inovasi dan kreasi segar pada rangkaian program nya, seperti; IIMS Community Experience, IIMS Hybrid Motoshow, Otomotif Group Experience, IIMS x Pergi Kebulan Studio, Talkshow & Sharing Session, IIMS Formula Electric Student Championship, Rekor MURI Lomba Menggambar dengan Media Helm Terbanyak, Bikers Dakwah, IIMS x Dompet Duafa, Indonesia Automodified (IAM), IOF Off Road For Fun & Humanity, Pahami Audio Contest, PPMKI Classic Car Parade, Indonesia Boating Gathering, IIMS Satmori & Sunmori, IIMS x Tuksedo, IIMS x Ikatan Motor Indonesia (IMI), Mis IIMS Hybrid 2022, IIMS Award,IIMS Barbershop, IIMSGarage, Indonesia Custom E-Moto Expo & Championship, dan tidak ketinggalan hadir kembali IIMS 360 Photo Booth, IIMS x SIM Keliling, serta tak lupa Test Drive dan juga Test Ride berbagai APM.  

Masyarakat yang ingin mengunjungi secara langsung IIMS Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran,  dapat membeli tiket secara online terlebih dahulu di situs indonesianmotorshow.com.  Pengunjung tidak perlu khawatir, karena penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022 dilengkapi dengan penerapan protokol kesehatan sesuai dengan pedoman CHSE (Cleanliness, Health,  Safety, dan Environment). [Red]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2