Film Mekah I'm Coming Sentil Kasus Penipuan Travel Haji dan Umroh

Yofamedia.com, Jakarta - Film Mekah I'm Coming mengisahkan perjuangan seorang pria untuk menikahi kekasih dengan persayaratan harus naik haji. Film ini memotret kisah nyata tentang orang-orang yang gagal ke Tanah Suci karena tertipu travel haji palsu.

Eddy (Rizky Nazar), seorang pemilik bengkel yang suka bikin onar di desa menjalin hubungan dengan seorang penyanyi kasidah bernama Eni (Michelle Ziudith). Eddy adalah biang kerok di desa sampai dijuluki “Sontoloyo”. Semua penduduk desa menjauhinya, bahkan ketika sedang kesulitan pun penduduk desa enggan dibantu oleh Eddy karena akan berujung sial.


Kendati demikian, Eddy sangat menyayangi Eni, begitu juga sebaliknya. Kalau bisa dijabarkan, kisah Eddy dan Eni mungkin mirip Dilan dan Milea, anak nakal yang mencintai pujaanya, tetapi dengan versi yang berbeda.

Konflik dalam flm ini muncul ketika hubungan Eddy dan Eni mulai diuji. Berangkat dari utang dan sertifikat rumah, Ayah Eni (Totos Rasiti) terpaksa menjodohkan Eni dengan anak rentenir bernama Pietoyo (Dwi Sasono).

Sebelum Eni dan Pietoyo menikah, Eddy mendatangi rumah Eni dan berjanji akan pergi haji untuk mendoakan kebahagiaan Eni. Bagi warga desa, tempat Eddy dan Eni tinggal, seseorang yang sudah pergi haji akan dipandang terhormat. Inilah yang membuat ayah Eni tersentuh dan menunda untuk menikahkan Eni dengan Pietoyo.


Sepulang dari rumah Eny, Eddy pun menjual bengkelnya agar dapat segera pergi haji. Namun naas, ternyata Eddy tertipu agen travel haji palsu. Uang yang dikumpulkan dari hasil menjual bengkelnya raib di gondol sindikat penipu yang nyatanya telah banyak memakan korban.

Mekah I’m Coming adalah film komedi satire yang mengangkat isu penipuan travel haji. Film yang diproduseri oleh Hanung Bramantyo dan disutradarai oleh Jeihan Angga ini diproduksi atas kerjasama Dapur Film dan MD Entertainment yang didukung oleh Bank Mandiri Syariah dan layanan streaming video HOOQ.

Hanung Bramantyo mengatakan, isu sosial penipuan travel haji palsu sudah sering terjadi, bahkan banyak korbannya tidak berani pulang ke kampung halaman karena malu. "Kami merasa kisah itu tidak pernah terungkap, menarik untuk disajikan dalam bentuk film komedi soal isu sosial," katanya di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Hanung menjelaskan, kegagalan pergi haji bisa terjadi kepada siapa saja, jika kita tidak berhati-hati dalam memilih agen travel. "Kami mengemas film ini sebagai cerminan yang bisa terjadi kepada siapa saja," jelasnya.


Hanung dan Jeihan Angga pun punya nazar terhadap film Mekah I'm Coming. Jika film tersebut meraih box office di bioskop Tanah Air, Hanung dan Jeihan akan memberangkat para korban penipuan travel haji untuk menunaikan ibadah umrah. "Kita nazar ketika film ini sukses, kita akan memberangkatkan korban-korban itu. Tapi kami pilih yang umurnya tua, itu prioritas utama. Semoga film ini menjadi sukses," kata Hanung.

Saat ditanya berapa jumlah korban penipuan travel haji yang nantinya akan diberangkatkan, Hanung belum memiliki jawaban yang pasti. "Tergantung jumlah penontonnya. Pastinya tidak hanya satu orang, tetapi apakah jumlahnya lima atau enam tergantung hasil akhirnya," tutur Hanung.

Selain Rizky Nazar dan Michelle Ziudith, film Mekah I'm Coming juga diramaikan artis dan aktor lainnya diantaranya Jennifer Coppen, Ephy Sekuriti, Ria Irawan, Rasyid Karim, Yusril Fahriza, dan Fanny Fadillah.

Mekah I’m Coming juga merupakan film terakhir Ria Irawan sebelum meninggal dunia. Bahkan Ria tak sempat melihat hasil akhir film tersebut. Film Mekah I’m Coming dijadwalkan tayang serentak di bioskop pada 5 Maret 2020. [Red]






0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2