Kegiatan Relawan TurunTangan Tanggap Banjir Jakarta

Yofamedia.com, Jakarta - Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya membutuhkan banyak penanganan. Menurut data BNPB per Jumat (4/1/2020) terdapat sekitar 173.000 orang pengungsi dan korban jiwa sebanyak 53 orang. Daerah terdampak banjir cukup luas dan korban banjir membutuhkan pertolongan segera. Rasanya tidak cukup hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama. 


Banyak orang yang ingin ikut membantu secara langsung warga yang terdampak banjir. Orang-orang tersebut kami sebut relawan. Kehadiran para relawan yang terjun langsung ke lapangan diharapkan dapat setidaknya meringankan beban penyintas banjir. Hal inilah yang dilakukan oleh gerakan TurunTangan untuk mengumpulkan relawan dari wilayah Jabodetabek dalam Tim Tanggap Banjir.

Turuntangan adalah sebuah inkubasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan. Pada 3 Januari 2010 kemarin, TurunTangan diberikan kesempatan untuk wawancara dengan DAAI TV. Melalui wawancara tersebut, Direktur Eksekutif TurunTangan, Raka Pramudito berkata, “Saat tanggal 1 Januari kami dikabari ada banjir, kami langsung berkumpul dan koordinasi di basecamp kami. Siang hingga malam kami melakukan asesmen di beberapa titik di Jakarta untuk pengambilan data terkait kebutuhan utama para penyintas banjir. Sehingga diharapkan apa yang akan kita berikan ke warga dapat tepat sasaran.”


Tanggal 2 Januari TurunTangan membagi relawan Tim Tanggap Banjir untuk turun langsung ke dua titik lokasi yaitu di Pejaten Timur dan Ciledug. Tim relawan memberikan bantuan logistik kepada warga dua wilayah tersebut seperti makanan, minuman, dan lilin untuk penerangan. Dua lokasi tersebut masih gelap di malam hari karena terputusnya arus listrik akibat banjir. Selain itu, mereka membawa tim medis untuk memeriksa dan memberikan obat-obatan kepada warga yang sakit.

“Kami masih menghimpun donasi logistik yang kami kumpulkan di rumah relawan TurunTangan untuk kami berikan ke warga yang terdampak banjir. Donasi logistik tersebut juga dipergunakan jika terjadi banjir susulan dan akan kami distribusikan kelak jika dibutuhkan,” kata Raka.

TurunTangan menggalang donasi secara terbuka melalui sosial media mereka di instagram @turuntangan. Sampai saat ini relawanTim Tanggap Banjir masih terus bergerak untuk membantu para penyintas banjir di wilayah Jabodetabek. [Red]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2