Film Hayya Angkat Kisah Kemanusiaan di Palestina


Hasil gambar untuk film hayya
Yofamedia.com, Jakarta - Film terbaru dari Warna Pictures yang disutradarai oleh Jastis Arimba berjudul Hayya mencoba mengangkat kisah yang lebih ringan ketimbang film Jastis sebelumnya. Sentuhan ini dicoba agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat luas.

Film kedua Justis Arimba ini menceritakan kelanjutan hidup Rahmat (Fauzi Badilah) yang sedang memperbaiki kehidupan beragama secara lebih baik. Terbayang-bayang kesalahan di masa lalu, dia mengajak sahabatnya Adin (Adhin Abdul Hakim) menjadi sukarelawan ke Palestina.

Hasil gambar untuk film hayya
Selama di wilayah itu, mereka bertemu anak yatim piatu Hayya (Amna Sahab) dan menjalin kedekatan. Anak berusia enam tahun ini pun akhirnya ikut ke Indonesia dan menimbulkan gesekan dengan orang-orang di sekitar dua sahabat itu.

Jalan cerita yang cukup serius seputar masalah kemanusian dan Palestina ini, coba dibuat lebih mudah dimengerti. Jastis mengatakan, sebagai penulis dan sutradara berusaha memahami keinginan penonton yang menonton film untuk mencari hiburan.

"Kita memang menampung masukan dan kritik dari film sebelumya, semoga sebagai produk film ini lebih segar dari 212," ujar Jastis di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan (8/9).

Gambar
Bagi Jastis, film seharusnya tidak hanya memberi pesan baik tapi juga harus mendapat ulasan baik dari penonton. Dia pun mencoba meramu cerita yang lebih ringan dengan pesan yang tetap tersisip tanpa perlu digembar-gemborkan di Hayya.

Salah satu sisipan ringan, namun memiliki pesan kuat adalah hubungan Rahmat dan Adin. Persahabatan mereka mencoba mencerminkan persaudaraan yang erat dan kuat meski banyak perbedaan.

"Kaya karakter Fauzi yang egois, apatis, dan pandangan beda dengan Adin. Ini kaya bumi dan langit," ujar Jastis.

Film ini menghadirkan para aktor dan aktris antara lain Fauzi Baadila, Adhin Abdul Hakim, Meyda Sefira, Ria Ricis, Humaidi Abas, Hamas Syahid, Asma Nadia, dan pendatang baru cilik dengan talenta luar biasa: Amna Hasanah Shahab sebagai Hayya. Tidak seperti biasanya, kali ini youtuber Ria Ricis bermain film drama serius, dan menjadi lawan main gemilang bagi aktor/aktris lainnya. Hayya merupakan tonggak keaktoran Ricis dalam film. 

Film keluarga yang akan menginspirasi dan mengasah kepedulian kita terhadap sesama ini juga didukung oleh beberapa lembaga kemanusiaan seperti Aman Palestin, INH For Humanity, dan Rumah Zakat. Sebagian keuntungan dari film berdurasi 101 menit ini rencananya akan disumbangkan bagi anak-anak Indonesia dan Palestina yang kurang beruntung.

It’s about love, life, and humanity. Semoga Hayya dapat diterima oleh masyarakat dan turut mewarnai industri film di tanah air. 

Film Hayya akan mulai tayang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 19 September 2019 mendatang. [Lia]






0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2