Isi Liburan Anak Dengan Bermain dan Belajar Di WONDERFEST 

Yofamedia.com, Jakarta - Liburan sekolah sebentar lagi akan segera datang, mungkin bagi para kaum Ibu sudah mulai bingung menyusun agenda liburan sekolah untuk anak-anaknya nanti. Agar liburan anak-anak anda lebih bermanfaat bukan hanya sekedar memainkan gadget saja maka WONDERFEST hadir untuk mengisi liburan anak-anak anda. Bermain merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak. Ternyata dengan bermain, ada lima aspek tumbuh kembang anak yang bisa lebih optimal, yakni aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial. Salah satu tantangan terbesar bagi orang tua modern saat ini adalah susahnya menyeimbangi lima aspek tersebut, dan cenderung fokus ke aspek kognitif dengan penggunaan gadget dan internet sejak dini. Melihat pentingnya hal tersebut, WONDERFEST hadir sebagai festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai pengalaman bermain interaktif dan edukatif di Jakarta Convention Center pada tanggal 20-23 Juni 2019 nanti.

Anna Surti Ariani, Psikolog Anak & Keluarga menjelaskan bahwa, “Ada lima aspek penting tumbuh kembang anak yang bisa didapatkan dari bermain, yakni aspek fisik untuk menstimulasi koordinasi motorik kasar dan motorik halus, aspek kognitif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi, daya ingat, dan keluasan wawasan, aspek bahasa untuk menambah kosakata anak dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, aspek emosi untuk belajar mengalami semua jenis emosi dan mengendalikannya, serta aspek sosial untuk membuat anak bisa berteman dan bekerjasama. Bahkan belajarpun akan lebih efektif untuk anak jika bisa dilakukan sambil mereka bermain."

Saat ini, salah satu tantangan terbesar bagi orang tua modern mengenai tumbuh kembang anak adalah penggunaan gawai atau gadget dan internet sejak dini. Berdasarkan data Survei Consumer & Media View (CMV) pada kuartal kedua 2016 yang dilakukan Nielsen ditemukan jumlah durasi rata-rata anak-anak di Indonesia menggunakan internet adalah 2 jam 29 menit. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu inspirasi aktivitas yang bisa menyeimbangi kelima aspek yang dibutuhkan.

Desy Bachir, Co-Chairman WONDERFEST menjelaskan, “Pengalaman kami sebagai penyelenggara Ideafest yang sudah diadakan bertahun-tahun, melihat kurangnya aktivitas atau acara edukatif yang didedikasikan khusus untuk anak dan keluarga apalagi saat liburan panjang sekolah. Sebagai festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai pengalaman interaktif dan edukatif, WONDERFEST diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang bisa mendukung lima aspek tumbuh kembang anak yang optimal serta momen kedekatan (bonding) istimewa bagi seluruh anggota keluarga,” jelasnya.

Mona Ratuliu, Figur Publik & Penulis ParenThink menceritakan pengalamannya dalam mengasuh anak-anaknya, “Melek teknologi dan internet adalah keharusan bagi saya sebagai orang tua dari generasi Z dan Alfa. Dua generasi ini memang keseharian dan rutinitasnya lebih banyak didominasi oleh internet. Jadi saya harus cerdas dalam menyeimbangkan hal-hal lain yang menyangkut tumbuh kembang anak-anak, terutama saat mereka masih bayi hingga 12 tahun. Hadirnya WONDERFEST menjadi pilihan acara yang menarik karena kegiatan edukatif dikemas dengan sangat menarik dan interaktif, sehingga anak-anak dan orang tua tetap bisa menikmati seluruh rangkaian acara tanpa merasa bosan.”


WONDERFEST hadir sebagai referensi kegiatan utama bagi para anak-anak dan keluarga yang menawarkan berbagai pengalaman bermain interaktif dan edukatif selam masa liburan sekolah. Acara ini diharapkan bisa menyeimbangkan kelima aspek tumbuh kembang anak yang dibutuhkan, dan diterjemahkan ke dalam berbagai zona (Creative Zone, Science Zone, Active Zone, dan Play Zone). Creative Zone adalah zona bagi anak-anak untuk ditantang kreativitas dan mengeksplor imajinasinya, seperti belajar menggambar dan membuat DIY. Untuk si pencinta sains, tersedia zona Science zone untuk anak-anak yang ingin mencoba hal baru sambil belajar, seperti Science Experiments, mengasah kemampuan logika, sampai bermain dengan teknologi interaktif. Ada juga Active Zone untuk anak-anak yang ingin melatih kemampuan fisik sekaligus motoriknya, seperti bermain trampolin, wall climbing, sampai bermain mini soccer atau mini golf. Tersedia juga Play Zone zona untuk anak-anak yang suka bermain sambil belajar, seperti mandi bola dan ayunan. Selain zona-zona yang interaktif dan edukatif, pengunjung juga bisa mengunjungi Wonder Stage yang akan menghadirkan talk show dengan topik-topik seru mengenai parenting, serta Wonder House yang menghadirkan kompetisi serta aktivitas bagi anak-anak, termasuk kompetisi yang diadakan dari sekolah ke sekolah.

“Sebagai festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai pengalaman interaktif dan edukatif, WONDERFEST diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang mendukung tumbuh kembang anak yang seimbang, membuat proses belajar bisa sambil bermain, serta menjadi momen kedekatan (bonding) istimewa bagi seluruh anggota keluarga," tutup Desy mengakhiri acara. [Lia]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2