IdeaFest X TheNextDev 2018 Sukses Pertemukan Lebih Dari 230 Profil Kreatif di 102 Sesi Inspiratif

Yofamedia.com, Jakarta - Festival kreatif tahunan, IdeaFest hari ini resmi digelar. Mengusung tema "C" yang dapat merepresentasikan banyak hal dalam perkembangan industri kreatif di Indonesia, IdeaFest 2018 mempertemukan berbagai insan kreatif lintas industri skala nasional dan internasional. Berkolaborasi dengan TheNextDev, Astra, Bank DBS Indonesia, dan Blibli.com, ratusan profil kreatif akan berbagi inspirasi dengan #Generasi C yang hadir. Gelaran IdeaFest 2018 akan semakin meriah dengan hadirnya Spice-Up! Boot Camp, Awarding Night, hingga konsep IdeaExperience yang meliputi O2O Market, Lyfe!lFest, Art Space, dan berbagai program kreatif menarik lainnya.

Menurut Brian Solis, Generasi-C atau Connected Generation merupakan kelompok psikografis yang terkoneksi dan berkolaborasi dalam berbagai platform digital atau teknologi. Memiliki minat atau perilaku yang sama, generasi-C biasanya hadir dalam berbagai komunitas-komunitas dan sangat pemilih dalam mengonsumsi suatu konten atau produk. Hal inilah yang membuat Generasi C digadang-gadang dapat menentukan arah perkembangan industri kreatif di masa depan.

Ben Subiakto selaku Co-Chairman IdeaFest 2018 menjelaskan animo peserta pada gelaran festival kolaborasi ini. "Sepanjang persiapan IdeaFest 2018, saya melihat antusiasme luar biasa dari kedua belah pihak, baik dari pembicara maupun #GenerasiC yang hadir. Sebab konsep 'C' benar-benar terasa dengan kehadiran berbagai nama besar lintas bidang ilmu. Kehadiran IdeaFest setiap tahunnya selalu mendukung revolusi dan membuka kesempatan serta peluang bagi #Generasi C di Indonesia dan dunia," jelasnya.
IdeaFest 2018 semakin istimewa dengan kehadiran Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia yang akan membawakan topik "Becoming a MILLENIAL Leader in The Age of Innovation". Gelaran kreatif ini semain meriah dengan kehadiran Arief Yahya (Menteri Pariwisata), Luc Maynard (Creative Executive of Walt Disney), Jaeson Ma (Founder of East West Artists dan Co-Founder of 88Rising), Steve Lillywhite (Grammy Award Music Producer), Ferdy Nandes (Facebook APAC), Will Travis (CEO Elevation Barn, ex-Sidlee), Mario Kassar (Hollywood Producer), dan masih banyak lagi. Tahun ini IdeaFest 2018 hadir dengan lebih dari 102 sesi beserta 230 profil inspiratif dari dalam dan luar negeri.

Denny Abidin, General Manager External Corporate Communications Telkomsel, operator seluler yang mengusung program The Next Dev, turut memaparkan bahwa tema 'C' yang diusung oleh IdeaFest 2018 mampu menarik ribuan #GenerasiC untuk saling menginspirasi dan saling terkoneksi. "Lewat program The NextDev mengajak generasi kreatif untuk terus mencari inspirasi agar dapat terus berkarya, terutama dengan memanfaatkan teknologi yang dapat memberikan dampak sosial positif (social impact) ditengah-tengah masyarakat. IdeaFest akan menjadi panggung bagi peserta The NextDev Telkomsel mengangkat kualitas dan kompetensi para pemenang sehingga mereka dapat terus berinovasi. Tahun ini IdeaFest juga menjadi sangat istimewa dengan hadirnya Telkomsel Experience Zone, berupa layanan-layanan masa depan Telkomsel yang mendukung transformasi digital Indonesia menuju revolusi industri 4.0, seperti IoT, Big Data, Digital Adverting, Mobile Lifestyle, dan Mobile Financial Services sebagai wujud keseriusan Telkomsel dalam membangun ekosistem digital Indonesia."

Lebih lanjut, Boy Kelana Soebroto selaku Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk menjelaskan mengenai semangat partisipasinya yang terinspirasi dengan tema 'C' dalam IdeaFest 2018. "Bagi kami, tema C adalah "Creativity", yakni penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang kesembilan kali diadakan pada tahun ini adalah anak muda kreatif yang memiliki program bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya. Kami berharap anak-anak muda kreatif ini dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama demi kemajuan bangsa" tutur Boy Kelana Soebroto. Pendaftar program SATU Indonesia Awards 2018 mencapai 5.961 orang, melonjak 84,3% dibandingkan jumlah pendaftar tahun 2017 sebanyak 3.234 orang.

Tahun ini IdeaFest juga tampil berbeda dengan program kolaborasi bersama Official Sponsor Bank DBS Indonesia, yaitu LyfeFest. Di sesi ini, pengunjung berkesempatan menyaksikan para penggiat usaha sosial dan ekonomi kreatif berbagi semangat, pandangan, serta kontribusi nyata terhadap kehidupan bermasyarakat. "Kami sangat antusias untuk turut serta berpartisipasi dalam ajang tahunan besar seperti IdeaFest tahun ini. Semangat yang diusung oleh IdeaFest senada dengan "Live More, Bank Less" yang merupakan komitmen Bank DBS Indonesia dalam memberikan layanan bank yang sederhana, nyaman, dan tanpa hambatan. Dengan demikian, nasabah berkesempatan untuk lebih menikmati hidup dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk sesuatu yang lebih penting bersama orang terdekat. Di tahun ini, pengunjung, khususnya millenials juga dapat menikmati rangkaian acara yang disuguhkan oleh LyfeFest, serta bertemu dengan beragam sosok muda inspiratif yang melakukan aksi nyata untuk masyarakat. Para pegiat wirausaha sosial pun akan memberikan inspirasi bagaimana menikmati hidup melalui upaya berbagi.

Semangat "Live more, Bank less" yang pasti seru dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjungnya akan kental terasa," ungkap Mona Monika, Executive Director Head of Group Strategic and Marketing Communications (GSMC) PT Bank DBS Indonesia.

Tak ketinggalan, turut berpartisipasi juga Blibli.com menyampaikan semangat mengikuti gelaran kreatif tahunan ini. "E-commerce dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Meskipun kontribusi e-commerce terhadap ritel nasional masih kurang dari 2%, tetapi ada perubahan perilaku belanja orang Indonesia yang cukup signifikan," kata Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com, Lani Rahayu. Pada ajang IdeaFest 2018, Blibli.com menyiapkan areal Blibli.com O2O Market yang diisi oleh berbagai produk finalis The Big Start Indonesia (TBS) Season 3 yang telah dikurasi. Ada pula area instalasi seni (art installation) berisi karya pelaku kreatif lokal yang telah bekerjasama dengan Blibli.com.

Sebagai e-commerce lokal, Blibli.com memiliki semangat mencari dan mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) kreatif dan inovatif agar masuk menjadi bagian dari ekonomi kreatif nasional. Upaya ini dilakukan dengan mengadakan kompetisi tahunan The Big Start Indonesia berupa pencarian pengusaha kreatif muda terbaik berhadiah terbesar di Indonesia. Selain itu, mengusung semangat "Buktikan Pada Mereka" mengajak para pengusaha kreatif dapat naik kelas, melalui kesempatan IdeaTalk pada Jumat 26 Oktober 2018, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina akan menjelaskan lebih jauh tentang The Big Start Indonesia bersama Bagus Rochadiat dan Iwet Ramadhan masing-masing selaku mentor dan project collaborator di The Big Start Indonesia Season 3.

"Kami percaya bahwa Indonesia memiliki berbagai potensi bagi dunia. Semoga IdeaFest 2018 dapat membawa angin segar bagi para pelaku industri kreatif, serta dapat memunculkan ide-ide baru yang
bermanfaat bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai
IdeaFest, silakan mengunjungi halaman web kami di www.ideafest.id dan ikuti media sosial @ideafestid di Instagram dan Twitter. Maju terus #GenerasiC Indonesia!" tutup Ben Subiakto mengakhiri acara.
Tentang Ideafest

Ideafest adalah festival kreatif tahunan yang diadakan di Jakarta dengan tujuan menginspirasi dan menghubungkan berbagai stakeholders industry ekonomi kreatif, mulai dari pemerintah, investor, media, innovator, pengusaha, hingga komunitas. Telah diadakan tujuh kali, Ideafest telah menjadi festival kreatif terbesar di Indonesia yang telah menghadirkan pembicara-pembicara ternama Indonesia dan dunia. [Lia]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2