Pernah Mengalami Keriput Jari? Waspada Penyakit Berikut Ini

Image result for keriput jariYofamedia.com - Mungkin kamu pernah mengalami ujung jari tangan maupun kaki berkeriput setelah terus menerus terkena air seperti saat mandi atau mencuci. Hal itu dikenal sebagai pruney fingers atau jari pruney.
Ketika kulit jari tangan dan kaki bersentuhan dengan air untuk waktu yang lama, kulit yang keriput menyerupai buah prem kering. Tapi, jika kamu mendapatkan jari-jari keriput tanpa terendam air, itu bisa menjadi pertanda masalah medis.
Pruney fingers terjadi ketika sistem saraf mengirimkan pesan ke pembuluh darah menjadi lebih sempit. Pembuluh darah yang menyempit mengurangi ukuran ujung jari, menyebabkan lipatan longgar pada kulit yang membentuk kerutan.
Tangan yang dibasahi air untuk jangka waktu yang lama adalah penyebab paling umum dari jari-jari pruney. Namun, kondisi medis atau masalah kesehatan bisa juga menyebabkan ujung-ujung jari menjadi keriput.
Berikut beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan ujung jari-jari menjadi keriput.
Dehidrasi
Dehidrasi terjadi ketika kamu tidak minum banyak air yang membuat kulit mulai kehilangan sebagian elastisitasnya dan mungkin terlihat layu. Dehidrasi dapat mempengaruhi kulit sehingga terlihat kering.
Diabetes
Diabetes mempengaruhi fungsi tubuh yang mengontrol kadar gula darah. Kadar glukosa darah yang tinggi di semua jenis diabetes dapat menyebabkan jari-jari keriput.
Hal Ini merusak kelenjar keringat dan kurangnya keringat yang dapat menyebabkan kekeringan. Orang diabetes juga berisiko terhadap beberapa kondisi kulit seperti infeksi bakteri, infeksi jamur, dll.
Eksim
Eksim adalah kondisi kulit yang menyebabkan peradangan kulit, gatal-gatal, ruam dan kemerahan. Eksim mengeringkan kulit dan menyebabkan kulit berkerut. Dermatitis atopik adalah bentuk jangka panjang dari eksim yang menyebabkan kemerahan dan kulit kering yang dapat membengkak atau gatal. [Red]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2