Punya Masalah Bau Kaki? Berikut Tips Mengatasinya

Image result for bau kakiYofamedia.com - Kaki memiliki lebih banyak kelenjar keringat daripada bagian tubuh lainnya yakni sekitar 250 ribu lebih kelenjar keringat. Ketika seseorang meletakkan kakinya dalam sepasang sepatu, kurungan dalam sepatu dapat memungkinkan jamur dan bakteri untuk berkembang bersama keringat.
Bakteri yang bekerja sama menghasilkan zat yang disebut asam isovaleric, yang mengeluarkan bau yang khas. Ini sering kita kenal dengan bau kaki.
Menurut survei dari American Podiatric Medicine Association terhadap 17 ribu orang dewasa secara acak, sekitar 25% dari mereka memiliki masalah dengan bau kaki.
Untuk itu penting menjaga kebersihan kaki dengan beberapa tips di bawah ini.
1. Cuci kaki setiap hari
Gunakan air hangat serta sabun, lalu cuci kaki Anda setiap hari. Gosok secara lembut bila perlu dengan sikat lembut. Jangan lewatkan sela-sela jari kaki untuk digosok dan pastikan untuk mengeringkan kaki secara menyeluruh.
2. Gunakan bedak
Setelah mencuci kaki, gunakan bedak atau tepung maizena untuk membantu kaki yang berkeringat tetap kering. Tepung maizena layaknya bedak tabur alami yang mampu menyingkirkan jamur dan bakteri penyebab bau.
3. Gunakan antiperspirant atau deodorant
Kunci untuk mengendalikan bau adalah menggunakan antiperspirant atau deodoran di kaki Anda. Anda dapat membeli deodoran kaki atau hanya menggunakan merek deodorant ketiak Anda.
Perlu diingat bahwa deodoran hanya untuk menghilangkan bau, tapi tidak menghentikan keringat.
4. Ganti kaus kaki sesering mungkin
Selalu kenakan kaus kaki bersih dan kering. Ganti kaus kaki ketika sudah terasa basah akibat keringat. Ganti kaus kaki Anda bila perlu sehari sekali.
5. Hindari kaus kaki katun
Kaus kaki katun memberi kelembaban lebih yang dapat membuat bau kaki lebih buruk. Kaus kaki wol adalah pilihan yang lebih baik karena serat wol menyerap kelembaban dari kulit.
6. Jangan gunakan sepatu yang sama terus menerus
Bila Anda telah melakukan beberapa tips diatas namun selalu menggunakan satu sepatu yang sama terus menerus, maka itu akan percuma. Jangan pernah memakai sepatu yang sama selama 3 hari berturut-turut, hal ini dikarenakan bau tak sedap juga bisa timbul dari sepatu yang juga terkena keringat dari kakimu.
7. Gunakan kertas pengering ke dalam sepatu
Menempatkan kertas pengering di sepatu mungkin membuat ada yang mengganjal, tetapi hal ini dapat membantu menyerap bau kaki. Lembar pengering akan membantu menghilangkan sedikit bau busuk dan menjaga sepatu tetap berbau segar. [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2