Menyundul Bola Tingkatkan Resiko Kerusakan Otak

Image result for sundul bolaYofamedia.com - Bagi Kamu yang suka bermain sepak bola, jangan terlalu sering melakukan heading atau menyundul bola. Meskipun dengan menyundul bola bisa berbuah gol, tetapi itu bisa berisiko bagi kesehatan otakmu.
Penelitian terbaru menunjukkan para pemain sepak bola yang kerap melakukan sundulan memiliki risiko permasalahan keseimbangan. Sundulan bola oleh kepala berdampak pada kerja otak. Jika itu berulang kali, itu akan mengakibatkan kerusakan otak.
Pemain sepakbola berisi mengalami kerusakan pada wilayah putih di otak mereka yang berdampak pada kemampuan memori dan otak. Hal itu menjadi kesimpulan para peneliti dari Universitas Delaware di Amerika Serikat. Kerusakan otak akibat sundulan bukan hanya jangka panjang, tetapi para peneliti mengatakan itu juga berdampak pada jangka pendek.
“Pemain sepakbola harus memiliki keseimbangan yang baik. Keseimbangan menjadi kunci dalam pergerakan. Nah, sundulan mengakibatkan ketidakseimbangan,” kata pemimpin penelitian Fernando V. Santos.
Mantan pemain sepakbola Inggris Jeff Astle meninggal karena penyakit Alzheimer’s pada 2002. Kondisi itu disebabkan karena dia memang dikenal kerap menyundul bola saat bermain sepakbola di lapangan. Kemudian, Danny Blanchflower, yang memimpin Tottenham Hotspur pada 1960-an meninggal akibat Alzheimer’s pada 1993. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2