Konsumsi Vitamin C Secara Berlebih Bisa Akibatkan Efek Samping

Related image
Yofamedia.com - Mungkin kita sudah sering mendengar tentang banyaknya manfaat dari vitamin C. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat yang membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan sel.

Namun, mengkonsumsi vitamin C secara berlebih ternyata bisa memiliki efek samping. Ketahui beberapa potensi risiko kesehatan terkait dengan mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan.

Di bawah ini beberapa risiko mengkonsumsi vitamin C berlebih.

1. Masalah sistem pencernaan (Gastrointestinal)

Terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan kram di perut, mual serta diare. Ini terjadi ketika vitamin tidak diserap dengan baik oleh sistem pencernaan meliputi lambung dan usus.

Ini biasanya terjadi karena overdosis suplemen vitamin C. Dalam sebuah pengujian ketika seseorang yang mengalami kram perut serta diare mengurangi dosis dari supleman vitamin C, masalah yang ia derita terselesaikan.

2. Batu ginjal

Senyawa yang disebut oksalat terproduksi ketika vitamin C yang di konsumsi seseorang termetabolisme. Oksalat ini dibuang ke dalam urin, akan tetapi oksalat dalam jumlah tinggi dapat bergabung dengan kalsium dalam aliran darah yang menyebabkan batu ginjal.

Disarankan untuk orang yang memiliki riwayat masalah ginjal seperti batu ginjal harus menghindari jauh-jauh dari suplemen vitamin C dosis tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari 1000 mg vitamin C setiap hari memiliki risiko lebih tinggi terhadap batu ginjal daripada mereka yang hanya mengonsumsi 90 mg per hari.

3. Keracunan zat besi

Vitamin C berperan untuk penyerapan zat besi yang diperoleh dari makanan nabati dan juga ditemukan dalam daging. Orang yang sudah memiliki zat besi tinggi bisa menghadapi keracunan zat besi ketika mengkonsumsi vitamin C yang berlebih, hal ini karena meningkatnya penyerapan zat besi dari vitamin C.

4. Menyebabkan penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung

Vitamin C menunjukkan sifat antioksidan yang mencegah dan melindungi tubuh dari beberapa penyakit. Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah suplemen vitamin C yang tinggi bisa menjadi penyebab penyakit kardiovaskular.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi sekitar 300 mg suplemen vitamin C oleh wanita pascamenopause yang juga menderita diabetes akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.
5. Menyebabkan kemungkinan kerusakan genetik

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan subyek sehat, vitamin C diberikan setiap hari selama sekitar 6 minggu. Pada dosis 500 mg per hari, kerusakan oksidatif telah teridentifikasi. Berdasarkan hal ini, para peneliti telah menyimpulkan bahwa vitamin C dapat merusak dan mengubah DNA yang akhirnya dapat menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker. [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2