Waspada Penggunaan Earphone Secara Berlebihan

Image result for earphones dengar
Yofamedia.com - Saat ini, penggunaan earphone seakan-akan tak bisa dilepaskan dari kehidupan terutama generasi milenial. Seringkali mereka terlihat menggunakan earphone, sebagai media menikmati lagu selama bekerja, bersantai maupun ketika mereka sedang berada di perjalanan.
Sayangnya, penggunaan earphone justru memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Bahayanya, mereka bisa mengalami ketulian pada usia di bawah 30 tahun. Hal ini bisa terjadi karena earphone memompa suara langsung ke telinga sama dengan tingkat desibel jet yang akan lepas landas.
Rosbin Syed, audiolog di Central Middlesex Hospital mengatakan, tidak sulit untuk membayangkan dampak dari efek suara keras.
"Jenis gangguan pendengaran yang kami tangani ini akan terlihat pada usia lebih dari 50-an. Ini terjadi pada sepuluh atau 20 tahun yang lalu. Pada saat mereka datang pada kami mengenai kerusakan yang telah terjadi, maka kami memberikan saran untuk melakukan pencegahan gangguan pendengaran secara lanjut," katanya sebagaimana yang dilansir dari situs The Sun.
Itu yang umum terjadi pada orang tua. Nah, bukan tidak mungkin kaum milenial berisiko mengalami ketulian akibat menonton dan mendengarkan suara pertunjukan yang memiliki tingkat kebisingan di atas 100 desibel. Penting dicatat, selama mendengarkannya kurang dari 15 menit, telinga kita bisa selamat dari ketulian dini.
Action on Hearing Loss mengatakan ada 11 juta orang Inggris memiliki masalah pendengaran. Bahkan sebuah badan amal memperkirakan jumlahnya akan meningkat 40 persen menjadi 15,6 juta pada 2035.
Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan lebih dari setengah orang Inggris berusia 18 hingga 24 tahun mengalami dengungan dan berdering di telinga mereka. Seperti halnya satu dari sepuluh orang dewasa. Namun 40 persen orang masih tidak menyadari bahwa musik keras dapat menyebabkan tinnitus permanen. [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2