Ini Hal Penting Yang Harus Dilakukan Saat Anda Terluka Karena Berolahraga

Image result for tandu sepakbola
Yofamedia.com - Melakukan aktivitas seperti berolahraga memanglah sangat baik manfaatnya untuk kesehatan. Tapi kadang saat berolahraga seperti berlari, bermain sepak bola, basket, voli, dan semacamnya bisa menimbulkan luka apabila terjatuh, dan ini menjadi sesuatu yang lumrah terjadi.
Ketika kita berolahraga bersama teman-teman sangat jarang adanya tim medis seperti layaknya sebuah turnamen olahraga. Dan itu mungkin akan membuat bingung kita tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi luka di anggota badan saat berolahraga. 
Menurut dr. Dedy Kartawidjaja yang merupakan Head of Medical Affairs Mundipharma Indonesia hal penting yang harus diperhatikan ialah untuk langsung segera menangani luka tersebut.
"Hal yang harusnya diperhatikan adalah jangan pernah menunda mengobati luka. Semakin cepat luka ditangani, maka dampak lanjutannya tentu semakin minim," ujar dr. Dedy.
Jadi, harap diingat, hal pertama yang mesti di lakukan ketika luka adalah membersihannya terlebih dahulu.
"Kalau memungkin ada air, luka dibersihkan dahulu apabila ada kotoran di area luka. Membersihkannya dengan air menjadi cukup penting, tapi itu hanya sebatas untuk pembersihan saja, tidak sampai pada penanganan luka," ungkap dr Dedy.
"Untuk hasil yang lebih baik, disarankan menggunakan cairan antiseptik untuk membunuh kuman yang ada di mana-mana. Dengan memberikan antiseptik di luka, kita sudah melakukan tindakan pencegahan memperparah keadaan luka. Jadi, antiseptik ini cukup penting dalam pengobatan sekaligus mencegah terjadinya dampak yang lebih buruk," tambah dr. Dedy.
Dokter Dedy juga menyarankan agar selalu menyediakan cairan antiseptik pengobat luka ketika hendak berolahraga sebagai langkah antisipasi. Meskipun seseorang tidak akan mau luka namun ‘sedia payung sebelum hujan adalah cara yang baik, kan? [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2