Konsumsi Minuman Jahe di Bulan Ramadan

Image result for minuman jahe

Yofamedia.com - Bulan Ramadan yang suci menjadi sebuah momen di mana umat Muslim membersihkan hati dengan berpuasa. Bulan puasa juga bisa menjadi kesempatan yang baik bagi kita semua untuk melakukan detosifikasi tubuh. Kendati kita harus menahan nafsu makan dan minum selama belasan jam, berpuasa.


Menurut Times Now News, memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik, seperti meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah hingga membantu pembaruan sel-sel tubuh. Hal ini dapat dibuktikan dengan tanaman tradisional jahe. Tanaman rimpang seperti jahe amat umum ditemukan di Indonesia. Hampir semua rumah tangga di Tanah Air menyimpan jahe sebagai bumbu dapur.


Di pasaran, ada tiga jenis jahe yang dikenal, yakni jahe gajah/jahe badak, jahe kuning, dan jahe merah. Pasar internasional lebih meminati jahe gajah/badak terutama karena rasanya yang tak terlalu pedas. Selain itu, bentuknya gemuk dan besar dengan warna kuning hingga putih. Apa pun jenisnya, jahe amat bermanfaat untuk tubuh. Berbagai olahan jahe dipercaya memberikan manfaat yang tak sedikit. Berikut berbagai olahan jahe yang bisa bikin badan kamu sehat.


Nah berikut ini minuman yang dapat dikonsumsi sebelum menjalankan puasa agar badanmu tetap sehat.


1. Teh lemon jahe madu

Tak ada yang lebih nikmat ketimbang kesempatan untuk rileks setelah seharian beraktivitas. Badan yang terasa lelah dan pegal tentu butuh penawar. Tak mungkin kan, pergi ke SPA setiap hari. Solusinya, kamu bisa menyeruput teh lemon jahe madu.


Cara membuatnya pun amat mudah. Rebus air terlebih dahulu, lalu masukkan daun teh dan potongan jahe. Selagi menunggu, kamu bisa menuang madu dan lemon di gelas. Setelah air jahe sudah mendidih, angkat, lalu saring. Ramuan teh lemon jahe madu pun siap kamu seruput.

2. Wedang jahe


Kaum perempuan pasti pernah mengalami rasa perut yang sakit seperti diremas ketika sedang haid. Ya, kram menstruasi memang mengganggu. Tidak jarang, kram perut yang mendera bikin perempuan gampang naik pitam. Sebagai penawar, memang tersedia obat penahan rasa sakit, tapi mengasup terlalu sering obat penahan rasa sakit bisa memberi kamu efek samping.


Daripada menelan obat, lebih baik pakai cara tradisional. Caranya, minumlah wedang jahe. Hangatnya jahe akan meredakan kembung dan rasa begah yang kerap muncul saat menstruasi.

Siapkan jahe yang dipotong tipis, air, dan gula merah. Rebus air sampai mendidih, masukkan jahe dan aduk. Setelah itu masukkan gula merah dan aduk sampai gula merah mencair. Biarkan selama beberapa menit dan angkat.

3. Smoothie jahe wortel


Pernah enggak merasa energimu seperti terkuras? Di bulan puasa, tubuh memang mudah terasa lelah karena energi yang habis terpakai. Tubuh yang cepat lelah bikin rentan terserang penyakit lo. Oleh karena itu, kamu wajib menambah energi tubuh sehingga punya tambahan kekuatan untuk menjalankan aktivitas harian.


Selain dari makanan, kamu bisa mencoba smoothie jahe wortel mangga untuk meningkatkan energimu. Campurkan madu, mangga, dan wortel yang sudah dipotong-potong, jahe segar yang sudah diiris, air, dan sedikit yoghurt. Masukkan ke blender dan campurkan. Minuman penambah energi pun siap kamu nikmati.


 4. Air infused jahe                                                                                                                          Campuran lemon dan jahe memang udah terkenal banget sebagai minuman detoksifikasi tubuh. Cara membuatnya mudah banget kok. Potong kulit lemon dan bersihkan jahe. Penting banget untuk membuang kulit lemon, karena itu bisa bikin minuman kamu jadi pahit. Setelah itu, masukkan semuanya ke botol berisi air dan dinginkan semalaman di kulkas. Air infused jahe siap menemani kamu seharian. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2