Hebat, Sekolah di Tiongkok Terapkan Teknologi Pengenal Wajah


Image result for sma di chinaYofamedia.com - Sekolah Menengah Atas (SMA) di Tiongkok memanfaatkan teknologi pengenal wajah untuk memantau dan menganalisa perilaku para siswa. Teknologi yang diadopsi oleh Hangzhou No.11 High School tersebut setiap 30 detik dapat memindai ruang kelas kemudian merekam ekspresi wajah para siswa. Setelah dipindai, komputer akan mengkategorikan apakah siswa senang, marah, takut bingung atau kesal.
Sistem pemindai wajah juga mencatat tindakan siswa seperti ketika mereka menulis, membaca, mengangkat tangan atau bahkan tidur di meja. Menurut Global Times, sistem itu juga mencatat kehadiran siswa dengan cepat serta wajah siswa dapat digunakan untuk membayar makan siang di kantin hingga meminjam referensi dari perpustakaan.
Wakil kepala sekolah SMA itu mengatakan bahwa privasi siswa tetap dilindungi. Pasalnya pemindai wajah itu tidak menyimpan gambar sebenarnya dari kelas, serta menyimpan datanya pada cloud dengan server lokal.
Adopsi teknologi pengenal wajah bagi masyarakat di Tiongkok memang bukan menjadi hal yang baru. Namun demikian, privasi masih dikeluhkan oleh sebagian kalangan. Akibatnya, perusahaan Tiongkok Qihoo 360 misalnya mematikan saluran pemantauan live di tahun lalu. Saluran tersebut menyiarkan rekaman kamera dari beberapa lokasi publik termasuk kolam renang, restoran, serta ruang kelas. 
Seiring waktu, sistem keamanan semakin populer setelah peningkatan kekerasan dan praktik yang banyak dipertanyakan di taman kanak-kanak (TK) negeri Tirai Bambu tersebut. Untuk saat ini, di Beijing semua TK wajib memiliki sistem pengawasan yang terhubung langsung ke sistem pemantauan milik kepolisian setempat.
Penggunaan teknologi pengenal wajah sejauh ini tercatat melonjak di Tiongkok, guna meningkatkan efisiensi dan keamanan dari kepolisian. Kamera pengenal wajah dimanfaatkan untuk menangkap jaywalker, menemukan buronan, bahkan memprediksi kejahatan sebelum akhirnya terjadi.
Tak hanya di Tiongkok, negara lain juga mengadopsi teknologi sebagai mesin pengawas di sekolah. Awal tahun ini, New Delhi menyatakan akan menerapkan kamera pengintai di semua sekolah berstatus negeri. Langkah ini dinilai mampu memungkinkan orang tua untuk streaming rekaman kelas secara real time. [Red]










0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2