ALUMNI ITB: TOLAK REKLAMASI TELUK JAKARTA


Yofamedia.com, Jakarta - Dari kawasan Cikini, tepatnya di hotel Sofyan Betawi, Perkumpulan Alumni perguruan tinggi se-indonesia melakukan pertemuan dan diskusi seru yang menghasilkan penyatukan pendapat, tolak "Reklamasi Teluk Jakarta".

Berikut adalah "PETISI ALUMNI ITB Tolak Reklamasi Teluk Jakarta", dibacakan oleh Muslim Armas:

Dengan dilandasi keinginan luhur untuk mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan rakyat dalarn bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Maka kami segenap Alumni ITB menyatakan :

Pertama, Alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) menolak keras Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang mengesankan adanya dukungan Alumni ITB dalam kajian yang merekomendasikan pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta.

Kedua, Sdr. Ridwan Djamaluddin adalah bawahan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), maka pendapat dan rekomendasi sdr.
Ridwan Djamaluddin perihal Pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta adalah bagian dari pekerjaannya sebagai Deputi Menko Bidang Kemaritiman dan tidak ada relevansinya dengan posisinya sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni ITB (IA ITB) karena IA ITB haruslah independen tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

Ketiga, Alumni ITB selalu mengedepankan kepentingan rakyat, dengan tegas menolak pelaksanaan reklamasi di Teluk Jakarta.

Pernyataan yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, yang mengesankan bahwa pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta berdasarkan hasil kajian Alumni ITB adalah tidak benar.

Ke-empat, Alumni ITB mendesak Presiden Republik Indonesia untuk membatalkan pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta oleh Menko Bidang Kemaritiman dan sekaligus menghentikan pelaksanaan proyek Reklamasi Teluk Jakarta yang masih berlangsung.

Selanjutnya untuk menentukan nasib pulau-pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta yang sudah terlanjur dibangun perlu dikaji secara mendalam agar tidak merugikan kepentingan rakyat banyak dan berdampak terhadap lingkungan dengan memperhatikan sepenuhnya amanat konstitusi kita UUD 1945.

Kelima, Reklamasi Teluk Jakarta bukan lagi masalah DKI Jakarta semata, melainkan sudah menjadi isu nasional.

Dan untuk itu Alumni UTB mengajak segenap mahasiswa dan alumni perguruan tinggi se-lndonesia serta elemen-elemen masyarakat lainnya, untuk bersama sama menolak pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta dan mengawal proses dihentikannya proyek reklamasi tersebut untuk selamanya.

Demikian pernyataan ini disampaikan,
Jakarta, 24 Oktober 2017 Demi Tuhan, Bangsa danTanah Air
ALUMNI lTB.


*[Ditulis oleh Amhar]*

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2