Jaksa agung Arab Saudi Memanggil Pengguna Twitter Karena Telah Merugikan Ketertiban Umum


Yofamedia.com, Riyadh- Sekelompok pengguna Twitter akan didakwa di Arab Saudi atas tuduhan melecehkan ketertiban masyarakat karena mengancam "ideologi keselamatan dan moderat masyarakat" melalui ekstremisme, menurut sebuah pernyataan di kantor berita negara SPA. Jaksa penuntut negara tersebut memanggil pengguna Twitter pada hari Minggu, kata pernyataan tersebut, tanpa menyebutkan namanya atau menyebutkan berapa banyak yang dituduhkan.

Seorang juru bicara Kementerian Kebudayaan dan Informasi sebelumnya telah men-tweet bahwa seorang ulama Sunni radikal, Ali al-Rabieei, telah dirujuk ke sebuah komite "kejahatan publikasi" untuk pelanggaran yang tidak disebutkan.
Pejabat kementerian tidak menanggapi permintaan untuk mengomentari apakah Rabieei termasuk di antara kelompok tersebut.

Arab Saudi telah meningkatkan upaya untuk meredam perbedaan pendapat politik dalam beberapa tahun terakhir, menggunakan undang-undang cybercrime baru yang sulit untuk menghukum pelanggar hukuman penjara karena posting online dianggap menghina penguasa atau mengancam ketertiban umum.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Jaksa Agung Sheikh Saud bin Abdullah al-Muajab mengatakan bahwa dia menghormati kebebasan berpendapat namun menegaskan kekuasaan kantornya untuk mengajukan kasus melawan orang-orang yang mempromosikan kebencian atau sektarianisme, atau menyesatkan opini publik.
Tweet Rabieei sebagian besar terdiri dari kelompok besar terhadap kelompok Syi'ah, kelompok minoritas di Arab Saudi yang didominasi Sunni.

Satu tweet mengacu pada keyakinan inti Syi'ah bahwa menantu nabi adalah penerusnya yang sah sebagai "salah satu trik Yahudi." Dia mengeluarkan sebuah pernyataan di Twitter yang menyatakan komitmennya terhadap undang-undang publikasi, "jika mereka tidak bertentangan dengan Quran, Sunah, atau pernyataan yang dibuat oleh sarjana senior Bin Baz, Bin Uthaymin atau Dewan Cendekiawan Senior."

Sarjana agama dari sekolah Islam Sunni Wahhabi resmi, seperti yang disebut oleh Rabieei, memegang peran semi-legal yang berpengaruh di kerajaan tersebut.
Quran dan Sunah, atau ucapan nabi, adalah konstitusi negara. Banyak anggota klerus yang bekerja di negara bagian telah lama mengajarkan bahwa Syiah adalah sesat. Tahun lalu, mufti Arab Saudi, otoritas keagamaan tertinggi kerajaan, mengatakan bahwa pemimpin Iran, saingan Syiah regional Arab Saudi, bukanlah Muslim.

Tapi saat kaum Syi'ah kerajaan diserang oleh jihadis Negara Islam sejak 2013, pihak berwenang juga melakukan upaya untuk mengekang hasrat dan sektarianisme terbuka, termasuk penangkapan untuk pos media sosial anti-Syiah.
(Reuters)

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2