Festival Musikal Indonesia 2023 Usung Tema Urband Legend


Yofamedia.com, Jakarta - Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) akan menggelar Festival Musikal Indonesia (FMI) 2023 pada tanggal 28-29 Oktober di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Dengan mengusung tema Urband Legend Kemendikbudristek RI menggandeng Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) dan Ciputra Artpreneur dalam menyelenggarakan Festival Musikal Indonesia 2023 ini.

“Festival Musikal Indonesia pertama yang
sukses digelar tahun lalu, telah menghidupkan kembali panggung musikal Indonesia setelah pandemi. Tahun ini, antusias dari komunitas-komunitas musikal makin besar, terlihat dengan makin banyaknya peserta FMI tahun ini. Kami berharap festival ini dapat berlangsung terus setiap tahun dan semakin berkembang,” ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra di acara press conference di Jakarta, Kamis (5/10).

Di acara yang sama Aiko Senosoenoto, produser dari Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) selaku penyelenggara menyatakan "Festival Musikal Indonesia ini kembali kami gelar sebagai bagian dari komitmen kami untuk menumbuhkan pertunjukan Musikal sebagai bagian dari Industri hiburan yang punya potensial besar di Indonesia. Sajian musikal senantiasa menggabungkan berbagai seni, mulai dari Teater, Musik, Tari, Wardrobe, dan Set Props, sehingga bisa menjadi ajang ekspresi dan kolaborasi dari para pekerja seni. Apalagi bentuk sajian musikal adalah bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang telah ada sejak jaman dahulu. Hal ini perlu diketahui juga oleh generasi muda sekarang."


Sementara Rina Ciputra Sastrawinata selaku Presiden Direktur dari Ciputra Artpreneur, juga
menyatakan "Ciputra Artpreneur, sebagai pusat seni dan budaya, dengan bangga turut serta dalam FMI 2023. Kerja sama antara FMI dan Ciputra Artpreneur yang dimulai sejak edisi pertama (FMI 2022) akan menjadi dasar kuat bagi persiapan dan kesuksesan FMI 2023. Kolaborasi ini sejalan dengan cita-cita pendiri kami, Alm. Dr. Ir. Ciputra, yang bermimpi menjadikan Jakarta sebagai destinasi utama kesenian dan memberikan ruang ekspresi bagi seni nusantara agar dapat tumbuh dan berkembang lebih maju. Kami yakin, dengan kolaborasi ini, kita mampu mewujudkannya untuk kemajuan seni musikal Indonesia."

Sejumlah karya yang akan digelar di FMI 2023 antara lain: Artswara dengan “Perempuan dalam Remang”, Boow Live dengan judul “Ibu”, EKI Dance Company membawakan judul ”Bangku Kosong”, Swargaloka dengan “Ratapan di Timur Tanah Jawa : Alas Purwo”, dan terakhir TEMAN menggelar pentas berjudul "6".

Masih dalam rangkaian festival, akan digelar sejumlah showcase musikal dari 13 kelompok yaitu: Askara, Camp Broadway Indonesia, Center Stage Community, Hi Jakarta Production, Jakarta Art House Community Theater, Jakarta Musical Crew, Jakarta Performing Arts Community (JPAC), Metamorphose Production - LSPR PAC, Pump N Jump Academy X Aksi Cinta Indonesia (ACI), Sinar 57, Surabaya Opera Academy, Surabaya Musical Theater Camp, Teater Svatuhari.

Selain menikmati pertunjukan musikal, pengunjung juga dapat menikmati, bahkan ikut berpartisipasi dalam sesi Broadway Open Mic yang diorganisasikan oleh Gigi Art Of Dance. Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti talkshow, menikmati pameran dan kuliner nusantara di areal festival. Untuk areal Festival terbuka untuk umum alias gratis.

Sedangkan untuk menyaksikan pertunjukan Gala di Auditorium disediakan tiket dengan
harga yang terjangkau. Tiket bisa dibeli di www.bookmyshow.com. [Lia]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2