Toyota Astra Motor (TAM) Resmi Hadirkan All-New Yaris Cross, Untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Muda yang Berjiwa Adventure Aktif dan Dinamis

Yofamedia.com, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi hadirkan model terbaru All-New Yaris Cross sebagai kendaraan elektrifikasi pertama di segmen yang kini cukup luas peminatnya-Medium SUV, pada hari Senin (15/5/2023) di The Westin, Jakarta Selatan. Dengan semangat Mobility for All, Urban SUV dengan style adventure kuat ini tidak hanya melengkapi line-up Hybrid EV Toyota di Indonesia, namun juga bertujuan untuk mempertahankan dominasi Toyota di pasar SUV Tanah Air dengan pilihan model yang semakin lengkap. All-New Yaris Cross merupakan solusi mobilitas bagi para millenial berjiwa petualang terhadap SUV yang high performance, fuel efficient, dan fun to drive, serta diperkuat oleh kenyamanan dan fungsionalitas terbaik di kelasnya.

“Beberapa tahun ini, industri otomotif Indonesia mulai memasuki era elektrifikasi. Ditandai dengan banyaknya kebijakan pemerintah yang mengarah pada penggunaan teknologi elektrifikasi yang ramah lingkungan untuk mengurangi emisi karbon. Toyota menyambut positif langkah ini dengan menghadirkan produk-produk elektrifikasi yang memiliki pilihan teknologi lengkap. Mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV dengan pilihan model yang semakin banyak dan affordable, serta berada di segmen yang semakin besar untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Salah satunya All-New Kijang Innova Zenix Hybrid EV sebagai kendaraan elektrifikasi Toyota pertama yang diproduksi lokal. Sekarang, kami kembali hadirkan full Hybrid EV pertama di B-segment lewat All-New Yaris Cross, yang juga melengkapi line-up SUV Toyota di Indonesia,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Toyota telah menjadi pionir kendaraan elektrifikasi di Indonesia sejak tahun 2009, dengan memasukkan teknologi elektrifikasi sebagai bagian dari Multi Pathway Strategy untuk berkontribusi menekan emisi karbon. Dengan pendekatan Multi Pathway, Toyota menyajikan beragam pilihan teknologi ramah lingkungan berbasis Electric Vehicle (EV), mulai dari Hybrid EV (HEV), Plug-in Hybrid EV (PHEV), dan Battery EV (BEV).

Dengan memperluas pilihan kendaraan elektrifikasi ke segmen menengah Toyota berharap semakin banyak masyarakat yang ikut serta dalam upaya menekan emisi gas buang sehingga dapat berperan aktif dalam mencapai netralitas karbon. Selain itu, Toyota juga ingin menyediakan opsi lebih lengkap kepada pelanggan dengan mobilitas tinggi saat weekdays yang juga ingin menikmati adventure atau kegiatan outdoor lainnya ketika weekend, serta memenuhi kebutuhan lifestyle-nya yang sporty dan dinamis setiap hari menggunakan Advanced Urban SUV All-New Yaris Cross.

“Kami bangga memperoleh kesempatan untuk melakukan World Premiere All-New Yaris Cross yang merupakan puncak dari penelitian, pengembangan, dan inovasi selama bertahun-tahun dengan tujuan untuk menghadirkan ever-better cars yang sanggup memenuhi tuntutan pengemudi modern yang terus berkembang. Sebagai salah satu mobility company, Toyota selalu berusaha terdepan dalam inovasi dan menetapkan standar baru terkait safety, reliability, dan sustainability. Bagi masyarakat perkotaan yang dinamis dan berjiwa adventure, All-New Yaris Cross memberikan performa berkendara yang fun to drive, selaras dengan visi global Toyota dalam mencapai netralitas karbon dan menciptakan nilai-nilai baru dalam mendukung mobilitas masa depan pelanggan,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

All-New Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic”, dengan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern dan kabin kompak yang memaksimalkan volume interior. Eksteriornya menampilkan voluminous body yang berisi dan gagah, dengan garis-garis karakter khas mengekspresikan penampilan solid dan tangguh. Dari depan, siluet tajam bersama dengan grille trapezoidal atas dan bawah dengan ukuran berbeda, mengekspresikan penampilan yang semakin gagah dan berwibawa.

“Mengusung tema Urban SUV Meets Adventure, All-New Yaris Cross berupaya menghadirkan rasa proudful bagi pemiliknya dengan mengambil pendekatan unik memadukan dua konsep youthful dan fun to drive, serta dipadukan dengan keandalan dan ketangguhan sebuah crossover. Medium SUV ini menggabungkan trend SUV kompak dan dinamis bersama daya tarik High-end SUV untuk menciptakan mobil yang tampil beda dan stands out from the crowd. Sekaligus, memberikan solusi mobilitas yang ramah lingkungan bagi individu atau keluarga muda berjiwa adventure dengan gaya hidup yang aktif dan dinamis,” ujar Chief Engineer All-New Yaris Cross, Toru Uda.

Berikut adalah spesifikasi dari All-New Yaris, yang wajib anda ketahui :

Desain atap miring ke belakang dipadukan dengan spatbor melebar mengekspresikan siluet yang tampak kokoh dan stabil di samping. Selain itu, roda berdiameter besar yang diletakkan di sudut fender memberikan All-New Yaris Cross perawakan kekar. Desain tersebut tidak hanya menyempurnakan style Urban SUV ini, tetapi juga memberikan driving quality yang stabil dan penuh percaya diri. Desain lampu kombinasi belakang LED memberikan visual yang menekankan kesan lebar, sedangkan bumper belakang bergaya SUV modern mengekspresikan rasa percaya diri dan ketangguhan sebuah adventure vehicle.

Masuk ke dalam, kabin All-New Yaris Cross terasa roomy dan sporty, dengan panel soft dashboard yang lebar sehingga terkesan mewah, menciptakan desain selaras dengan door trim yang memberikan kesan lapang. Kesan lapang ini juga semakin diperkuat dengan hadirnya Panoramic Glass Roof with Power Sunshade yang terbaik dikelasnya. Sebagai sebuah SUV, posisi berkendara juga yang tertinggi dikelasnya untuk menghasilkan visibilitas yang paling luas ke berbagai arah. Kokpit driver-oriented fokus pada panel instrumen TFT 7 inch digital yang dapat dikostumisasi dan menonjolkan kesan sporty, dipadukan dengan black piano finish serta bahan lembut dan ornamen berlapis satin untuk menciptakan nuansa canggih dan berkualitas tinggi. Khusus jahitan jok, diberikan sulaman benang warna biru yang sporty dan memanjakan mata. Opsi jok dengan bahan fabric dan kulit sintesis yang sanggup memberikan kenyamanan terbaik berkat kemampuan mereduksi panas pada permukaannya dan ditambah Electric Seat Adjuster pada jok pengemudi-yang juga pertama di kelasnya.

All-New Yaris Cross memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm. Dengan high rocker panel height mencapai 260 mm, mobil ini sangat memadai untuk sebuah SUV perkotaan yang sesekali dipakai berwisata ke pantai atau pegunungan. Ditambah overhang depan-belakang sempit dengan approach angle 19º dan departure angle 28º, membuat light off-roader ini sanggup menempuh berbagai kondisi jalan dengan aman. Terkecil di kelasnya, radius putar 5,2 meter membuat SUV ini sanggup bermanuver dengan mudah di area terbatas seperti u-turn atau lokasi parkir.

Sebagai Medium SUV yang kompak, All-New Yaris Cross tidak mengorbankan kepraktisannya. Designer Toyota telah mengembangkan ruang interior yang luas untuk menawarkan tempat duduk yang nyaman serta kemampuan memuat penumpang dan barang yang serbaguna. Bahkan pengetesan internal mengklaim bahwa akomodasi kabin All-New Yaris Cross sudah sekelas mobil-mobil segmen diatasnya. Bermodalkan jarak antar penumpang depan dan belakang setara dengan SUV diatas kelasnya, mobil ini menyediakan bangku yang nyaman untuk 5 penumpang, ruang penyimpanan barang berlimpah, dan bagasi terbesar di kelasnya. Power Back Door with Kick Sensor-yang pertama di kelasnya-juga akan semakin mempermudah akses pengemudi terhadap barang bawaan.

All-New Yaris Cross merupakan salah satu pionir Medium SUV 5-seater Toyota untuk pasar Asia yang terus berkembang. Terdapat empat poin utama yang menjadi target pengembangannya, yaitu respons akselerasi yang kuat, keheningan kabin, konsumsi bensin yang efisien, dan ultra low emission. Prioritas Toyota adalah menggabungkan ke-4 aspek utama tersebut untuk memastikan pengalaman berkendara yang non-tiring dan stress-free di segala medan jalan.

Menjalankan visi ramah lingkungan, All-New Yaris Cross dilengkapi pilihan hybrid engine yang didampingi oleh opsi gasoline engine, di mana keduanya sama-sama berkapasitas 1.500 cc 4 silinder. Dapur pacu hybrid sanggup menghasilkan tenaga 82 kW, dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan dalam kolaborasi yang paling efisien tanpa mengorbankan performa.

Aplikasi Toyota Hybrid System (THS) disertai pengembangan pada motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang lebih kompak dan bertenaga, menyuguhkan linier performance yang semakin kuat dan intuitif, namun hemat bensin, hening, dan ramah lingkungan. Adanya EV Mode memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasakan langsung keunikan karakter berkendara sebuah kendaraan listrik murni yang senyap, responsif, dan zero emission. Tidak kalah penting, biaya kepemilikan tetap terhitung rendah karena tidak diperlukan perawatan tambahan. 

Penggunaan baterai Lithium-Ion sebagai yang pertama pada Hybrid EV Toyota di Indonesia, memiliki keunggulan yakni lebih tahan suhu kerja ekstrem dan berukuran lebih kompak. Penempatan baterai hybrid di bawah bangku penumpang belakang membuatnya tidak sampai mengurangi kapasitas bagasi atau kabin penumpang. Pemilihan posisi di bawah dek ini juga berkontribusi untuk meningkatkan handling mobil dan membantu menurunkan pusat gravitasi kendaraan sehingga mobil kian fun to drive.

Sementara model Gasoline menggunakan engine 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT dengan performance response memadai dan hemat bahan bakar dalam rangka menawarkan low cost of ownership tanpa mengurangi ketangguhannya dalam menemani mobilitas pelanggan.

Mandatory pada semua produk terkini Toyota, All-New Yaris Cross telah mendapatkan berbagai advance safety features. Urban SUV ini dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

Teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch ikut melengkapi fitur All-New Yaris Cross untuk memaksimalkan keamanan serta konektivitas pelanggan untuk menghadirkan peace of mind. 

“All-New Yaris Cross hadir untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang luas, aktif, dan dinamis serta keinginan untuk menghadirkan ever-better cars yang canggih dan sesuai trend SUV terkini. Dengan desain mutakhir dan fitur inovatif, Toyota berharap All-New Yaris Cross dapat diterima oleh pelanggan yang lebih luas dan menjadi benchmark di segmennya, sehingga mengakselerasi pemakaian kendaraan elektrifikasi Toyota yang tetap sanggup memenuhi kebutuhan performance dan fuel efficienct disertai kenyamanan, pengendalian, dan fungsionalitas tinggi,” pungkas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. [Red]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2