Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Selalu Berinovasi Untuk Memberikan Asuransi Jiwa Terbaik Bagi Masyarakat Indonesia

Yofamedia.com, Jakarta – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) selalu melakukan inovasi-inovasi dan ingin memberikan yang terbaik bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Karena hal itulah di tahun 2022 lalu mencatatkan pertumbuhan double digit, jauh melebihi rata-rata pertumbuhan di industri asuransi jiwa yang relatif stagnan. Hal ini berdasarkan pada total pendapatan premi dari bisnis baru (weighted) yang tumbuh sebesar 13% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Kedua perusahaan secara gabungan juga mencatatkan total pendapatan premi & kontribusi, total aset, dan total aset investasi terbesar di industri. Secara rinci total pendapatan premi & kontribusi sebesar lebih dari Rp 22 triliun, total aset lebih dari Rp 67 triliun, dan dipercaya mengelola dana investasi terbesar di industri yang tercermin dari total aset investasi lebih dari Rp 61 triliun.

Karin Zulkarnaen selaku Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia menjelaskan, "Untuk pembayaran klaim dan manfaat untuk Prudential Indonesia di tahun 2022 ini sebesar Rp 16,6 triliun atau sekitar Rp 45 miliar per hari, dan Rp 1,7 Triliun (Rp 1 Triliun untuk Klaim Dana Tabarru’ dan Rp 0,7 Triliun untuk Klaim Manfaat Investasi) atau sekitar Rp4,6 miliar per hari dibayarkan berdasarkan prinsip tolong menolong antar peserta dari Prudential Syariah. Hal ini didukung oleh tingkat kesehatan perusahaan yang salah satunya tercermin dari tingkat solvabilitas (Risk Based Capital/RBC) Prudential Indonesia sebesar 520%, tingkat solvabilitas Prudential Syariah dari Dana Tabarru mencapai 249% dan tingkat solvabilitas Prudential Syariah dari Dana Perusahaan mencapai 2.809%, dan seluruh tingkat solvabilitas kedua perusahaan jauh di atas ketentuan regulator yaitu 120%, dan saat ini jumlah nasabah yang sudah bergabung bersama kami yaitu +2,3 juta orang."

Michellina Laksmi Triwardhany (Dhany), President Director Prudential Indonesia menyatakan bahwa, “Kami bersyukur Prudential Indonesia dan Prudential Syariah terus diberikan kepercayaan oleh masyarakat sebagai pemimpin di industri asuransi jiwa dan asuransi jiwa syariah di Indonesia, berkat inovasi yang kami hadirkan bagi nasabah dan masyarakat Indonesia, sebagai komitmen guna memberikan solusi akan kebutuhan nasabah yang terus berubah. Sehingga Prudential Indonesia terus berupaya menciptakan standar baru di industri, mulai dari kualitas pelayanan dan pemasaran, hingga proses operasional.” 

Selain menjadikan inovasi sebagai tulang punggung perusahaan agar tetap dapat memberikan dukungan bagi nasabah dan masyarakat Indonesia hingga ke masa depan, Prudential Indonesia dan Prudential Syariah juga didukung oleh tenaga pemasar profesional. 

Dhany menambahkan, “Tenaga pemasar memiliki peran yang semakin penting sebagai ujung tombak perusahaan dalam melayani nasabah. Profesionalisme dan kualitas mereka, terus kami perkuat dengan berbagai pelatihan yang jumlahnya mencapai 30 jam per tahun untuk setiap tenaga pemasar. Dengan mempertahankan kualitas ini, Prudential Indonesia berhasil meraih urutan pertama dalam keanggotaan Million Dollar Round Table (MDRT) Indonesia dengan 980 tenaga pemasar profesional.”

Lebih dari itu, guna lebih mendorong pertumbuhan industri dan ekosistem syariah, Prudential Indonesia menjadi perusahaan joint venture pertama yang melakukan spin off unit usaha syariah menjadi entitas baru, yaitu PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) pada April 2022. Sejak spin off, Prudential Syariah dipercaya untuk mengelola kontribusi bruto lebih dari Rp 2,3 triliun dan pengelolaan total aset hingga Rp 6,7 triliun.

“Selama satu tahun perjalanan Prudential Syariah, kami berkomitmen untuk terus mengutamakan kebutuhan para peserta dengan menyediakan akses perlindungan komprehensif yang sesuai dengan prinsip syariah, berkah, dan amanah di setiap jenjang kehidupan. Prudential Syariah semakin memperkuat perannya sebagai Perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan kontributor ekonomi Syariah. Dengan menjalankan tiga strategi utama: Inovasi, Kolaborasi dan Digitalisasi, kami semakin yakin melangkah serta mendukung salah satu fokus pemerintah, menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia,” jelas Omar Sjawaldy Anwar, President Director Prudential Syariah.

Inovasi, Tulang Punggung Dukungan Jangka Panjang Bagi Nasabah dan Masyarakat Indonesia

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah senantiasa berinovasi untuk dapat terus memberikan pelayanan serta dukungan terbaik bagi nasabah dan masyarakat Indonesia. Dukungan tersebut diwujudkan melalui 12 produk tradisional, 5 produk PAYDI, 1 produk digital dan 30 subdana yang dihadirkan sepanjang 2022.

Pembelian seluruh produk di atas kini telah dilayani secara digital, mulai dari konsultasi dengan tenaga pemasar, hingga proses pembelian dan pengaktifan polis. Semua kemudahan tersebut terwujud berkat kehadiran aplikasi digital PRUForce yang digunakan oleh tenaga pemasar untuk berkomunikasi dan melayani nasabah/calon nasabah dengan lebih efisien. Layanan aplikasi digital juga tersedia untuk produk bancassurance melalui PRUFast untuk kemudahan dan kenyamanan nasabah. 

Selain itu, ketersediaan berbagai solusi inovatif untuk beragam kebutuhan di setiap tahap kehidupan yang terus dihadirkan dari tahun-ke-tahun oleh perusahaan mampu menjangkau lebih banyak masyarakat serta memenuhi lebih banyak kebutuhan mereka. Hal ini tercermin dari portofolio perusahaan yang seimbang, antara produk Asuransi Tradisional (56%) dengan Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi PAYDI (44%) di 2022. 

Selain menyediakan perlindungan, Prudential Indonesia juga melangkah lebih jauh untuk bisa hadir memberikan dukungan kepada masyarakat dan nasabah setiap harinya melalui aplikasi mobile Pulse by Prudential yang dapat diakses oleh masyarakat umum melalui smartphone Android maupun iOS. Pulse by Prudential memberikan dukungan bagi penggunanya agar bisa hidup lebih sehat melalui beragam fitur kebugaran, mendukung kegiatan rohani bagi penganut agama Islam seperti fitur doa harian, pengingat waktu Sholat, hingga akses untuk membeli produk asuransi. Fitur lainnya bagi nasabah Prudential Indonesia dan Prudential Syariah adalah kemudahan mengakses beragam layanan polis, melakukan transaksi dari mana saja melalui telepon genggamnya, termasuk kemudahan dalam proses pengajuan klaim yang bisa dilakukan secara digital. Sejak pertama diluncurkan 2020, saat ini Pulse by Prudential telah diunduh oleh lebih dari 11 juta pengguna di Indonesia. 

Guna mendorong tumbuhnya tingkat literasi dan inklusi keuangan Syariah, Prudential Syariah berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk dalam meluncurkan Sharia Knowledge Centre (SKC) (www.shariaknowledgecentre.id) yang berfokus pada pilar informasi, literasi, inovasi, dan kolaborasi serta memprakarsai Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah bersama dengan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI). Prudential Syariah juga menjalin kemitraan strategis dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang merupakan salah satu organisasi muslim terbesar di dunia.

Dukungan terhadap kesejahteraan masyarakat yang dihadirkan Prudential Indonesia dan Prudential Syariah terus berlanjut, termasuk dalam hal pemberdayaan komunitas. Perusahaan menyadari bahwa literasi keuangan dan asuransi berdampak pada ketahanan finansial masyarakat Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, kedua perusahaan memfokuskan kegiatan literasi keuangan dan asuransi dari berbagai kalangan yang sepanjang 2022 telah berhasil menjangkau lebih dari 11,5 juta orang baik dari kalangan ibu rumah tangga, remaja, hingga anak-anak. Kedua perusahaan juga memiliki program Desa Maju Prudential (DMP) yaitu pembangunan komunitas masyarakat pra-sejahtera di wilayah Desa Mauk, Tangerang, Banten yang telah membangun 83 rumah warga pra-sejahtera, 3 sarana air bersih, dan 30 toilet pribadi, serta merenovasi 3 sekolah, dan mengadakan pelatihan untuk hidup lebih bersih,sehat dan berdaya bagi masyarakat Desa Maju Prudential.

Berbekal 175 tahun pengalaman Prudential di dunia dan 27 tahun di Indonesia, Prudential Indonesia dan Prudential Syariah terus berinovasi dan memperkuat perannya di masyarakat untuk menjadi lebih dari life insurance, namun juga sebagai Living Insurance yang mampu hadir mendampingi kehidupan nasabah setiap harinya. Dengan mendukung kesehatan dan kesejahteraan mereka melalui aplikasi Pulse by Prudential dan terus menghadirkan perlindungan melalui ragam inovasi produk dan layanan untuk selalu hadir di setiap tahap kehidupan, termasuk ketika risiko menimpa nasabah. 

“Kami berharap bahwa seluruh inovasi dan dukungan yang kami hadirkan mampu membantu masyarakat Indonesia dan nasabah lebih berdaya dalam menghadapi tantangan hidup kini dan di masa depan, sehingga bersama-sama dapat #yakinmelangkah menuju hidup yang lebih sehat dan lebih sejahtera, untuk mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan,” tutup Dhany. [Lia]


0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2