Kebaya Foundation Gelar Pengukuhan Pengurus Untuk Wilayah DKI Jakarta

 


Yofamedia.com, Jakarta - Yayasan Kebaya Warisan Indonesia atau sering disebut Kebaya Foundation adalah yayasan yang bergerak pada pelestarian dan pengembangan kebaya yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia dan telah menjadi busana khas perempuan Indonesia.

Ketua Umum Kebaya Foundation Pusat adalah lbu Tuti Nusandari Roosdiono yang saat ini mendapat amanah sebagai anggota DPR RI Komisi IX. Untuk meningkatkan akselarasi kegiatannya, Kebaya Foundation mendirikan perwakilan yayasan di berbagai daerah di Indonesia salah satunya perwakilan DKI Jakarta, dengan Ketua Perwakilan Kebaya Foundation DKI Jakarta lbu Happy Farida Djarot.

Bertempat di Gedung DPR MPR RI Nusanatara IV pada Kamis (19/1/2023) Kebaya Foundation Perwakilan DKI Jakarta membuat kegiatan konsolidasi dengan pengukuhan anggota Kebaya Foundation wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain itu kegiatan yang dihadiri 500 lebih perempuan berkebaya ini juga untuk menegaskan dukungan para pegiat kebaya di Kebaya Foundation DKI Jakarta dalam mendukung upaya pencanangan Hari Kebaya Nasional dan Kebaya Goes to UNESCO.


Happy Farida Djarot selaku Ketua Perwakilan Kebaya Foundation DKI Jakarta menjelaskan, Upaya Kebaya Foundation Perwakilan DKI Jakarta ini juga dimaksudkan untuk memberikan inspirasi kepada para perempuan dan remaja milenial putri Indonesia untuk semakin sering dan bangga mengenakan kebaya sebagai busana khas perempuan Indonesia baik sebagai busana sehari-hari maupun sebagai adi busana.

Kami juga tidak hanya mengembangkan kebaya, tetapi juga terlibat di dalam kegiatan-kegiatan sosial yang lainnya. Tentu pada saat ini kami bersyukur mengundang lebih dari 500 tamu (perempuan), karena jika kita ingin melakukan sesuatu, kita tidak bisa sendiri, kita juga butuh support dari teman-teman lainnya," papar Happy

Di samping itu Kebaya Foundation Perwakilan DKI Jakarta juga akan berupaya keras meningkatkan literasi kebaya bagi para perempuan dan milenial putri Indonesia tentang kebaya dan wastra Nusantara, tambah Happy.

Dengan motto: Dengan Berkebaya, Perempuan Indonesia Berdaya, Berbudaya dan Berkepribadian Pancasila', Kebaya Foundation Perwakilan DKI Jakarta punya keteguhan sikap untuk tidak pernah lelah melestarikan dan mengembangkan kebaya dan wastra Nusantara sebagai warisan budaya adiluhung leluhur bangsa Indonesia, tutup Happy.


Pengurus Bidang Pendidikan Kebaya Foundation DKI Jakarta sekaligus menjadi ketua panitia acara pengukuhan, Wenny M Susanto mengungkapkan bahwa hal mendasar yang dapat dilakukan sebagai langkah awal dalam melestarikan budaya satu ini adalah 'mengakui dan bangga saat memakainya'.

Dirinya menegaskan bahwa saat ini, tidak hanya Indonesia yang 'merasa memiliki' kebaya, beberapa negara lain pun mengklaim busana ini, mulai dari Malaysia hingga Thailand dan China.

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh Ketua MPR RI - Bpk. H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. , Ketua DPR RI - lbu. Dr. Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.Sos. , para pejabat eselon I Iainnya dan 10 Duta Besar negara sahabat. [Lia]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2