Siap-siap, Sundance Film Festival Asia 2022 Bakal Digelar Secara Offline. Catat tanggalnya!

Yofamedia.com, Jakarta - Sundance Film Festival merupakan sebuah festival film independen terbesar di Amerika Serikat yang diadakan oleh Sundance Institute setiap tahunnya. Pada 15 Maret 2021 lalu, IDN Media mengumumkan kerja samanya dengan Sundance Institute dan XRM Media untuk menghadirkan Sundance Film Festival: Asia di Indonesia. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi IDN Media dan Indonesia. Sebagai perusahaan media platform yang terus berupaya untuk menjaga komitmennya dalam memberikan #PositiveImpact pada masyarakat, Sundance Film Festival: Asia diharapkan dapat mendukung industri film di Asia, terutama Indonesia.

Pada 2016 silam, Winston Utomo selaku CEO IDN Media bertemu dengan Michael Chow, Co-Founder XRM Media yang juga merupakan seorang produser, pada sebuah acara bisnis. 

“Kami sudah kenal sejak 5 tahun yang lalu. Sejak pertama bertemu, kami merasa cocok dan nyambung. Ini membuat saya dan Michael menjadi semakin dekat. Dari situlah, diskusi untuk kemungkinan dan peluang bisnis yang lain mulai gencar diperbincangkan, termasuk rencana membawa Sundance ke Indonesia,” terang Winston.

Sukses digelar di tahun pertamanya, kini Sundance Film Festival Asia akan kembali hadir dan kali ini bakal dilangsungkan secara offline!

Sundance Film Festival Asia 2022 adalah ekspansi dari Sundance Film Festival untuk regional Asia yang akan berlangsung pada bulan Agustus 2022 di Flix Cinema - Ashta. Sundance sendiri dikenal sebagai salah satu festival film bergengsi dunia dengan beberapa film alumnusnya seperti "The Blair Witch Project", "500 Days of Summer", "Whiplash", "The Witch", "Hereditary", "Get Out", "Searching", "Call Me By Your Name", "Minari", hingga pemenang Best Picture Oscar 2022, "CODA".

Winston juga menegaskan bahwa Sundance Film Festival Asia didedikasikan secara khusus bagi pertumbuhan industri film di Indonesia, yang sempat tersendat karena adanya pandemik. Ia juga menyebutkan bahwa festival film independen ini juga menandai intensi dan komitmen IDN Media untuk mengharumkan nama Indonesia ke kancah internasional. 

“Sundance Film Festival Asia ini bukan untuk IDN Media, melainkan untuk Indonesia. Kita harus merangkul erat dan berkolaborasi dengan setiap pihak agar Sundance dapat berlangsung dengan baik. Intinya, kita harus dapat bersama-sama mengharumkan nama Indonesia dan membantu menggerakkan industri film di Indonesia,” tegasnya.

Kira-kira film apa saja yang bakal diputar tahun ini? Siapa saja yang bakal jadi speaker di panel discussions? Kita liat Agustus nanti di Sundance  Film Festival Asia 2022!

Nah, untuk terus mendukung filmmakers Indonesia, Short Film Competition Sundance Film Festival Asia yang disponsori oleh Argo pun akan kembali diadakan. Para filmmakers bisa mendaftarkan film pendek genre apapun karya mereka yang sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020, dengan durasi film selama 3-20 menit. Pendaftaran dibuka mulai 18 April hingga 31 Mei 2022 untuk Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Film pendek yang terpilih akan ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival Asia 2022 bulan Agustus nanti dan juga didistribusikan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung. Selain itu, mereka juga akan berkesempatan mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023.

Informasi mengenai cara pendaftaran serta syarat dan ketentuan bisa dilihat melalui situs https://SundanceFilmFestivalAsia.org atau halaman Film Freeway di https://filmfreeway.com/SundanceAsia. [Red]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2