Tingkatkan Daya Saing UMKM lndonesia, Vokraf dan Rumah BUMN Mengadakan Pelatihan Digital Marketing untuk Para UMKM Binaan Rumah BUMN

Yofamedia.com, Jakarta – UMKM merupakan salah satu ujung tombak dari perekonomian Indonesia. Dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM lndonesia, Vokraf dan Rumah BUMN mengadakan pelatihan Digital Marketing untuk para UMKM binaan Rumah BUMN, yang mana program ini dikenal dengan program UMKM GOL (UMKM Go Online). Program ini telah dimulai pada 16 Maret 2021 lalu dan didukung oleh Telkom, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, Bank BNI, dan Pertamina. 

Program UMKM GOL merupakan perpaduan dari belajar mandiri dan webinar yang diisi oleh para ahli di bidangnya. Belajar mandiri terdiri dari video belajar, assignment, dan feedback expert melalui website Vokraf.com. Sedangkan untuk webinar, diisi dengan pemaparan materi dan QnA Live Session bersama para narasumber pilihan seperti Marco PIM, Associate Strategic Planning Director di Mirum Agency, Bening Rara, Strategic Planning Director di Ogilvy dan Muhammad Iqbal, Digital Strategist di Gojek. 

Setelah dua bulan penuh mendampingi UMKM, pada 3 Mei 2021 Vokraf mengadakan webinar penutupan dari UMKM GOL, dimana acara ini dihadiri oleh Arya Sinulingga selaku Staf Khusus III Menteri BUMN dan Dwi Grahantio Baskoro selaku Chief Strategy Officer Vokraf.

Pada sambutannya, Dwi Grahantio Baskoro menyampaikan bahwa “Program ini diikuti oleh total 300 peserta dari 96 kota / kabupaten berbeda dari seluruh Indonesia. 77,5% peserta merupakan UMKM yang sudah berdiri di atas 2 tahun.”

Hal ini pun disambut oleh pernyataan dari Arya Sinulingga yang menyatakan bahwa “Kami berharap kedepannya para peserta dapat terus konsisten dan terus berkonsultasi kepada rumah BUMN, terutama pada 4 daerah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Timur yang dapat berkoordinasi dengan para CEO & CFO Rumah BUMN setempat terkait dengan perkembangan usaha, atau bahkan penambahan modal usaha.” Ia pun menambahkan harapannya bahwa “Saya harap dengan belajar digital marketing dan mengaplikasikannya, mudah-mudahan UMKM bisa semakin berkembang. Teman-teman juga dapat bergabung dengan PADI UMKM untuk menjadi rekanan BUMN.”, imbuhnya. 

Berbagai manfaat juga dirasakan oleh para peserta. Nani Kurniati, salah satu pemilik UMKM di daerah Jakarta menyatakan bahwa dirinya mendapatkan banyak sekali manfaat dari Program UMKM GOL dan mendorong Vokraf untuk terus melanjutkan program-programnya demi memajukan UMKM Indonesia untuk dampak yang lebih luas lagi. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2