BPKP Dukung Penuh Bakamla RI Menjadi Indonesian Coast Guard

Yofamedia.com, Jakarta - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, Ak., MBA menyatakan dukungannya kepada Bakamla untuk menjadi Indonesian Coast Guard penuh. Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan kerja Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos.,M.M., di kantor BPKP, Jl. Pramuka No. 33, Jakarta Timur, Rabu (8/7/20).

“Bakamla RI menjadi Indonesian Coast Guard sebenarnya sudah dibahas semenjak saya menjabat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB. Sudah semestinya penegak hukum di laut itu satu yaitu Bakamla RI dan ini sejalan dengan instruksi dari Presiden RI bahwa Bakamla RI adalah Coast Guardnya Indonesia,” ujar Muhammad Yusuf Ateh.

Kunjungan ini diselenggarakan, selain untuk bersilahturahmi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pendampingan tiga staf dari BPKP dalam pengawasan aktivitas keuangan Bakamla RI.

“Saya mendapatkan tugas khusus dari Presiden RI untuk membentuk Bakamla RI menjadi satu-satunya penegak hukum di laut. Direktif Presiden RI sudah jelas, Bakamla RI adalah Coast Guardnya Indonesia,” ujar Laksdya TNI Aan Kurnia.

“Sudah seharusnya kita dukung dan kawal sampai proses pembentukan dari RPP, RUU, dan Omnibus Law tentang keamanan laut selesai. Kepercayaan yang diberikan pemerintah dalam penguatan Bakamla RI sudah barang tentu diperlukan pondasi yang kuat di internal Bakamla sendiri,” lanjutnya.

Tidak dipungkiri, dalam praktiknya terlebih lagi dalam administrasi keuangan, Bakamla RI masih memiliki beberapa kekurangan. “Oleh karena itu, kami mohon bantuan lebih lagi dari BPKP dalam mengawal aktivitas keuangan Bakamla RI,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, pejabat tertinggi di BPKP tersebut menyatakan dukungan penuhnya kepada Bakamla RI.

“Kalau sudah ada assessment dan komitmen dari pimpinan itu tidak ada alasan lagi untuk menjadi lebih baik. Saya kira apa yang sudah disampaikan Kepala Bakamla RI kalau memang butuh banyak staf dari BPKP dalam pengawalan keuangan Bakamla RI, kami akan dukung sepenuhnya supaya lebih cepat dan efektif,” jelas Muhammad Yusuf Ateh.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Kepala BPKP didampingi oleh Deputi Bidang PIP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto dan Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan Faisal.

Di sisi lain, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dalam kegiatan ini didampingi Kepala Biro Perencanaan Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Amrien, Inspektur Bakamla RI Kolonel Bakamla Mulyono, Kepala UKPBJ Bakamla RI Kolonel Bakamla Ferry Jo, S.T., dan Kepala Bagian BMN Kolonel Bakamla Amir Mahmud. [Red]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2