Kepompong Ulat Sutera Cocok Untuk Perawatan Wajah

Hasil gambar untuk ulat suteraYofamedia.com, Jakarta - Peneliti ulat sutera dari Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lincah Andadari mengatakan kokon atau kepompong ulat sutera memiliki pH atau derajat keasaman yang hampir sama dengan kulit manusia sehingga cocok digunakan untuk perawatan wajah.
“Derajat keasamaan yang sama ini, membuat kulit tidak kering dan iritasi saat menggunakan kempomping tersebut,” kata Lincah, Rabu (27/2).
Selain itu, kokon juga memiliki jumlah asam amino yang hampir sama dengan yang dimiliki oleh kulit manusia. Saat direndam, kokon akan mengeluarkan “sericin” yang merupakan protein yang mengandung 18 asam amino baik untuk kulit.
“Kokon juga mengandung anti-bakteri yang bermanfaat melindungi jaringan kulit, sera kandungan fibroin yang nerupakan protein dalam kulit kokon, sehingga kulit menjadi lembut dan berkilau,” kata Lincah.
Dia mengatakan sebaiknya kokon digunakan seminggu sekali sebagai eksfoliasi atau pengangkat sel kulit mati. Jadi fungsinya sama dengan “scrub” atau “peeling” wajah.
Kokon yang digunakan untuk perawatan wajah adalah kokon yang sama untuk pembuatan benang sutera, oleh sebab itu sebelum digunakan kokon harus direndam di air hangat selama 10 hingga 15 menit.
Selain untuk melepas sericin, juga agar kokon menjadi lunak sehingga mudah digunakan. Setelah lunak, masukan kokon ke dalam jari lalu usapkan ke lembut di wajah.
Penggunaan kokon ini pun sebenarnya sudah lama digunakan oleh perempuan Jepang. Saat ini kokon sutera menjadi tren kecantikan pada perempuan Asia seperti di Jepang dan Korea. [Red]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2