Ingin Mendapat Asupan Kalsium Lebih Untuk Tubuh Anda? Coba Tips Berikut Ini

Image result for keju
Yofamedia.com - Kalsium diperlukan untuk menjaga tulang dan gigi agar lebih kuat. Kalsium juga membantu dalam menjaga pembuluh darah yang sehat dan mengatur tekanan darah. Konon, orang dewasa harus mengonsumsi 1.000mg kalsium per hari. Bukan hanya susu, makanan vegan lainnya adalah sumber kalsium yang baik. Dalam artikel ini Anda akan mengetahui berbagai cara untuk mendapatkan lebih banyak kalsium dalam makanan Anda.

1. Pastikan mendapatkan lebih banyak Vitamin D

Sangat penting untuk memasukkan banyak makanan vitamin D ke dalam konsumsi sehari-hari Anda. Karena vitamin D membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dan vitamin ini membantu memfasilitasi penyerapan kalsium dari usus dan memperlambat laju pengeluaran kalsium. Untuk mendapatkan jumlah vitamin D yang bagus, cobalah menambahkan porsi jamur atau tahu yang sehat untuk makanan Anda.

2. Pilih makanan yang diperkaya Kalsium

Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah kalsium yang banyak ke dalam makanan, Anda harus melengkapi menu harian dengan makanan dan minuman yang diperkaya kalsium. Selain dari produk susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dari sereal sarapan dan sayuran berdaun hijau lainnya yang telah diperkaya dengan kalsium.

3. Hindari minuman berkarbonasi

Mengonsumsi minuman berkarbonasi dalam jumlah yang lebih besar dipercaya dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap dan mempertahankan kalsium. Asam fosfat hadir dalam minuman berkarbonasi dapat mencegah adsorpsi kalsium dari lambung ke dalam aliran darah. Pertimbangkan untuk mengganti minuman bersoda dengan jus jeruk segar, jus anggur, jus jambu biji, semuanya dikemas dengan memiliki vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

4. Pilih makanan yang kandungannya hampir setara susu

Ada banyak makanan non susu yang kaya kalsium dan ketika dikonsumsi dapat memberi Anda asupan kalsium harian. Kacang kaya akan kalsium seperti kacang almond dan kacang Brazil yang dipercaya mengandung sekitar 100mg kalsium per porsi. Ikan salmon dan oatmeal juga merupakan sumber kalsium yang harus ditambahkan ke dalam makanan Anda untuk meningkatkan asupan kalsium.

5. Konsumsi susu alternatif

Bagi Anda yang merasa alergi meminum susu sapi, ada banyak alternatif susu non susu sapi seperti susu beras, susu almond, susu rami, susu kacang kedelai dll. Susu-susu tersebut juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Pastikan Anda memilih susu alternatif yang kaya nutrisi. Misalnya, susu kedelai memiliki nutrisi yang sama dengan susu sapi seperti protein, karbohidrat, dan lemak, periksa label dan lihat kandungan kalsium untuk melihat alternatif susu mana yang cocok untuk Anda.

6. Tambahkan beberapa keju ke dalam makanan Anda

Tambahkan porsi kecil keju kedalam makanan yang bisa dicampur keju seperti salad, sandwich, dan pizza untuk mendapatkan tambahan kalsium ekstra. Satu porsi slice keju memiliki 100 kalori rata-rata dan kalsium sebanyak setengah cangkir susu. [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2