INILAH 10 MAKANAN SRI LANKA YANG PERLU DICOBA


YofaMedia.Com - Berkat posisi strategisnya di jalur antara Timur dan Barat, dan juga banyak budaya telah mempengaruhi masakan Sri Lanka. Tetangga, pedagang, imigran dan penjajah semuanya meninggalkan jejak mereka pada makanan di pulau itu, menciptakan campuran lezat rasa Belanda, Portugis, Inggris, Arab, Melayu dan India.

Salah satu kesenangan perjalanan di Sri Lanka adalah makanan lezat dan kaya rempah. Tapi di dunia yang dipenuhi hidangan Asia Tenggara dan India yang populer, mengapa sedikit diketahui tentang masakan negara ini?

Seperti Telur gerbong? Wattalappam? Lamprais? Nama-nama masakan ini tidak lompatan dari menu internasional.

Dan Pulau Samudra Hindia yang berbentuk air mata adalah makanan kuliner sejati. Selama bertahun-tahun penjajahan dan perdagangan, banyak budaya telah mempengaruhi masakannya, menciptakan penggabungan rempah-rempah Belanda, Portugis, Inggris, Melayu, India dan pribumi yang lezat untuk membuat tantalise selera.

Tentu tidak ada kekurangan ikan, makanan laut, sayuran dan rempah-rempah untuk berubah menjadi kari yang menggoda. Kelapa memainkan peran kunci dalam hidangan, juga arak , semangat homegrown yang kuat yang disuling dari getah bunga kelapa. Selalu ada thambili , atau manisnya air kelapa, untuk pagelaran sesudahnya.

Berikut adalah 10 makanan Sri Lanka yang Anda perlukan untuk mencoba perjalanan Anda ke pulau tersebut :


Telur gerbong/Egg Hopper
Secara tradisional dimakan saat sarapan pagi, Sri Lanka yang gurih dan berbentuk mangkuk mengambil pancake yang lezat kapan saja.

Mereka terbuat dari adonan tepung beras fermentasi, santan, air kelapa dan taburan gula, yang dimasak dalam wajan wajan kecil bertulang tinggi. Telur dipecah ke dalamnya saat dimasak dan disajikan dengan sambol pedas.


Sambol
Hidangan sampingan klasik, sambol segar dan sering berapi-api, saus chunky, biasanya dibuat dengan alu dan lesung batu. Pol sambol adalah campuran kelapa parut halus, cabe merah kering, bawang merah, air jeruk nipis dan sedikit ikan Maldive, atau tuna sembuh.

Favorit abadi lainnya termasuk seni sambol manis dan asam, dibuat dengan bawang bombay, dan lunu miris tajam dan pedas, campuran favoury dari bawang merah dan cabai merah.


Sayuran Kari/Vegetable Curry
Makanan khas Sri Lanka terdiri dari perjamuan mini kari musiman harum, masing-masing penuh dengan rasa.

Anda akan melihat pengaruh Inggris dalam kari yang menampilkan kentang, wortel, dan labu, namun varietas yang lebih eksotis termasuk nangka muda bertekstur lembut, stik drum okra panjang dan labu pahit, yang menyerupai mentimun kental. 

Selalu disajikan dengan nasi - putih, coklat atau merah - orang Sri Lanka lebih suka memakannya dengan jari mereka.
Hambantota, Kataragama, Provinsi Uva, Sri Lanka,


Gotu Kola Kanda
Bagian sup, sebagian bubur herbal, ramuan hijau bergizi ini adalah jawaban alami kuno Sri Lanka untuk minuman energi yang mengandung gula. 

Terbuat dari sayuran berdaun hijau - termasuk ramuan obat bius gotu kola dan hathawariya, bagian dari keluarga asparagus - dan nasi, diyakini memiliki banyak khasiat kesehatan, termasuk membantu pencernaan, mengurangi kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Kepiting/Crab.
Seafood memainkan peran utama dalam makanan negara, dan kepiting laguna Sri Lanka terkenal di seluruh dunia karena daging manis mereka yang lezat. 

Kementerian Kepiting Kolombo - yang membuat penampilan reguler di daftar restoran terbaik Asia - merayakan krustasea ikonik ini. Tangkapan hari ini datang dalam berbagai ukuran, dari setengah kilo sampai kepiting dua kilo kepiting, dalam resep yang dihormati, termasuk kepiting cabe, kepiting lada dan kepiting kari.
Cabana Baru, Provinsi Selatan, Sri Lanka, Tissamaharama.



Kottu Roti
Makanan jalanan Go-to Sri Lanka adalah tumisan lezat yang terbuat dari sisa makanan. Dengan derap berirama, pembuat kottu dengan tangkas memegang dua pemotong logam besar, mengiris roti flatbread dengan baik, bersama dengan daging atau sayuran, bawang putih dan rempah-rempah pada wajan besi besar.

Roti favorit lainnya adalah roti poli , dibuat dengan kelapa yang dicukur. Dimakan untuk sarapan pagi, sangat cocok dengan lunu miras dan dhal.


Dhal
Dhal, atau kari lentil, adalah makanan pokok Sri Lanka, sering dimakan dua atau tiga kali sehari. Lentil merah dimasak dengan santan, dengan bawang bombay, cabai hijau pedas dan rempah-rempah seperti kayu manis, jinten, fenugreek dan daun pandan.

Lebih tipis dari pada rekannya dari India, dengan rempah-rempah yang diolah, rasanya lezat bila dibuat dalam pot tanah liat tradisional.




Lamprais
Unik untuk Sri Lanka, lamprais adalah kelezatan sedap yang diturunkan oleh keturunan Burghers Belanda dan sering bertugas untuk makan siang hari Minggu. Resep asli adalah padat karya, termasuk frikkadels ( bakso bergaya Belanda), kari daging tiga yang diinfuskan dengan rempah-rempah seperti kayu manis dan kapulaga, dan seeni sambol , semuanya dicampur dengan nasi rebus dalam stok pedas, sebelum dibungkus dengan saus. bungkus daun pisang dan oven perlahan dipanggang.


Sour fish curry
Ada banyak kari ikan tapi ambul thiyal , atau kari ikan asam, adalah salah satu yang terbaik. Cubes ikan perusahaan, biasanya tuna, dimasak dalam campuran rempah-rempah, termasuk kunyit, lada hitam, kayu manis, bawang putih dan daun kari. Bahan ramuannya adalah goraka kering, buah super asam seperti buah beri asam yang memberi aroma rasa asam.


Watalappan
Watalappan adalah salah satu makanan manis paling populer di negara ini, dan merupakan makanan yang harus dimiliki untuk acara-acara khusus.

Makanan penutup yang dipengaruhi Melayu ini mirip dengan custard telur, dengan tambahan santan, kapulaga, pala dan kratul gelap, atau gula aren.

Gelembung udara menjaga agar piring yang kaya ini tidak terlalu berat, dan percikan kacang cincang di atasnya menambahkan sebuah kerak ke teksturnya yang sebaliknya halus.[Net]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2