INILAH 7 PESONA ALAM YANG TERLETAK DI DATARAN TINGGI DIENG YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI

YofaMedia.Com, Wonosobo - Negeri di atas awan merupakan Surga tersembunyi di antara Pulau Jawa. Dan dua kalimat inilah yang sering ditujukan untuk menggambarkan keindahan Alam Dataran Tinggi Dieng. 

Kendati demikian bagi para pencinta alam, wajib mengunjungi tempat- tempat Dataran Tinggi Dieng, Dan jika Kamu sedang berada di Dieng -Wonosobo, berikut ini tujuh tempat di Dieng yang sangat terkenal dan harus Kamu singgahi, yaitu :

BUKIT SIKUNIR
                                         *Bukit Sikunir*

Bukit Sikunir adalah salah satu lokasi terbaik di dunia untuk melihat sunrise, walaupun belum setenar Bromo. 

Para wisatawan dapat melakukan trekking di jalan setapak yang cukup berbatu untuk mencapai puncak Bukit Sikunir. 

Demi keamanan sebaiknya Anda menggunakan pemandu saat mendaki Bukit Sikunir. 

Apalagi karena di sisi kiri jalan terdapat jurang yang cukup dalam. Suhu udara yang berkisar 10 – 15 derajat Celcius juga menjadi tantangan tersendiri. Namun segala perjuangan ini dijamin akan terbayar saat kita menyaksikan langit yang kuning keemasan saat matahari terbit. 

Waktu yang paling tepat untuk melihat matahari terbit di Bukit Sikunir adalah pada musim kemarau sekitar bulan Juli-Agustus.

KAWAH SIKIDANG
                                         *Kawah Sikidang*

Konon, kawah ini memiliki hobi berpindah-pindah tempat. Kawah Sikidang adalah adalah salah satu kawah vulkanik yang masih aktif hingga saat ini. Hijaunya alam Dieng serta-merta lenyap saat Anda memasuki kawasan Kawah Sikidang ini, berganti dengan hamparan tanah tandus. 

Pengunjung harus berhati-hati saat mengunjungi Kawah Sikidang. Lubang bekas kawah terdapat di mana-mana, di beberapa tempat tanahnya basah dengan air yang bergolak mendidih. 

Tanah-tanah ini sangat berbahaya bila terinjak karena kita bisa terperosok. Dan di ujung kompleks, sebuah kolam besar dengan air yang bercampur lumpur abu-abu terus menggelegak dan mengepulkan asap putih. Sebuah pagar bambu dibangun untuk menjadi pengaman. 

Bau belerang tajam menyengat. Indah, namun berbahaya. Mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan Kawah Sikidang.

TELAGA WARNA DIENG
                                        *Telaga Warna Dieng*

Telaga Warna Dieng, Merupakan daya tarik dari Telaga Warna ini tentunya adalah warnanya. Sekali waktu Anda bisa melihat telaga ini berwarna hijau, di waktu yang lain menjadi warna kuning, pink, biru, dan warna-warna pelangi. 

Fenomena ini dapat terjadi karena air di telaga ini memiliki kandungan sulfur (belerang) yang cukup tinggi. Saat tertimpa cahaya matahari, air di Telaga Warna akan terlihat berwarna-warni. 

Telaga Warna ini dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahannya. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Telaga Warna adalah pagi hingga siang hari. Di sore hari, kabut kerap kali turun sehingga menghalangi pemandangan indah Telaga Warna. 

Telaga Warna berlokasi di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

SUMUR JALATUNDA
                                                                 *Sumur Jalatunda*

Sumur Jalatunda, Jangan bayangkan sumur bulat dari batu dengan kerekan timba. Sumur yang terletak di Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini memiliki diameter 90 meter. 

Diduga, Sumur Jalatunda merupakan sebuah kepundan yang terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. 

Kawah atau kepundan ini lalu terisi air sehingga bentuknya menyerupai sumur. Untuk menikmati pesona Sumur Jalatunda, pengunjung sebelumnya harus mendaki 257 anak tangga terlebih dahulu. 

Hal lain yang membuat Sumur Jalatunda ini menarik adalah mitos bahwa bila kita berhasil melempar batu ke sumur, maka permohonan kita akan terkabul. Namun batunya bukan sembarang batu. 

Batunya haruslah batu kerikil beralas karung yang dijual oleh anak-anak di sekitar lokasi sumur. Sedikit trik wisata untuk menarik pengunjung, mungkin?

BUKIT TELETUBBIES
                                                               *Bukit Teletubbies, Gunung Prau*

Bukit Teletubbies, Padang bunga gunung prau
Padang Bunga Gunung Prau.

Ingat Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Po? Ingat bagaimana Teletubbies berlarian di bukit-bukit? 

Dieng memiliki Bukit Teletubbies di puncak Gunung Prau. Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di daerah Pegunungan Dieng (2.500 mdpl) dengan keindahan yang luar biasa dibandingkan bukit-bukit di sekitarnya. 

Lautan bunga-bunga liar semacam bunga aster tumbuh di hamparan hijaunya bukit. Bukit-bukit kecil pun tersebar dari utara hingga selatan. Bukit-bukit kecil inilah yang disebut sebagai Bukit Teletubbies. 

Puncak Gunung Prau pun menjadi spot yang sangat menarik untuk melihat sunrise ataupun sunset.

CANDI ARJUNA
                                                               *Candi Arjuna*

Candi Arjuna, Kompleks Candi Arjuna merupakan candi hindu tertua di Pulau Jawa.
Candi Arjuna diperkirakan dibangun pada tahun 809 M dan merupakan tempat pemujaan Dewa Siwa. Kompleks Candi Arjuna ditemukan kembali oleh seorang tentara Inggris bernama Van Kinsbergen pada tahun 1814.

Candi ini ditemukan dalam kondisi terendam di air rawa-rawa.
Proses pengeringannya baru dilakukan 40 tahun kemudian. Candi-candi ini kemudian diberi nama sesuai dengan tokoh pewayangan oleh penduduk sekitar.

Candi utamanya adalah Candi Arjuna. Candi Arjuna ini berhadapan dengan Candi Semar.

Sedangkan di sebelah kiri Candi Arjuna berjajar Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Salah satu keunikan lainnya di Candi Arjuna ini adalah tanah berumput di sekeliling candi terasa empuk dan membal.

Rasanya seperti berjalan di atas busa. Hal itu disebabkan kandungan air yang tinggi di tanah sekeliling candi yang dulunya adalah rawa-rawa.

TELAGA MENJER
                                                               * Telaga Menjer*

Telaga Menjer memang masih kalah pamor dibandingkan Telaga Warna. Namun Telaga Menjer memiliki kecantikan yang sangat sayang bila kita lewatkan. Berada di kaki pegunungan Dieng, Telaga Menjer juga menawarkan kedamaian pada setiap pengunjungnya. 

Hawanya sejuk dan suasananya sunyi. Sesekali yang terdengar hanyalah kicauan burung. 

Di Telaga Menjer kita dapat menaiki perahu-perahu kecil sembari menikmati keindahan alam nan eksotis. 

Kita juga dapat mencoba memancing. Telaga Menjer ini juga digunakan untuk PLTA.
Dan itulah 7 pesona alam yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Dan tempat-tempat tersebut patut Kamu kunjungi, selain menyaksikan keindahan alam Dieng, Kamu juga akan semakin menyadari betapa indahnya bumi Indonesia ciptaan Tuhan kita. 

Karena itu kita harus senantiasa menjaga kelestariannya. Mari menjelajah keindahan alam Indonesia
[Nadila Eldia Rochlik]

0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2