GK - Plug and Play Luncurkan Vertikal Fintech Pada EXPO 9.0

Yofamedia.com, Jakarta - GK - Plug and Play meluncurkan vertikal fintech (teknologi finansial) untuk makin melengkapi jajaran pilar layanan jasa platform teknologi inovasi yang kini terdiri dari fintech, sustainability, dan industry 4.0. Peluncuran vertikal fintech merupakan solusi tanggap atas meroketnya demand akan teknologi finansial yang cerdas, cermat, aman, dan digital.

“Pandemi sudah menjadi katalis yang menjadi pendorong demand akan teknologi finansial,” jelas Managing Partner GK-Plug and Play, Wesley Harjono dalam konferensi pers virtualnya, Kamis (21/10). Dengan dibentuknya vertikal fintech, GK - Plug and Play semakin dapat membantu korporasi dalam mengintegrasikan teknologi finansial ke dalam infrastruktur mereka.

Berdasarkan data yang dirilis oleh HootSuite dan WeAreSocial per Januari 2021 tercatat bahwa 125,6% populasi atau 345,3 juta penduduk memiliki konektivitas nirkabel. 98,2% populasi Indonesia menggenggam ponsel pintar.

Data serupa juga memaparkan bahwa 48,9% populasi memiliki rekening dana dalam bentuk apapun di institusi keuangan. Sebanyak 129,9 juta penduduk mengaktifkan pembayaran digital, bertumbuh 27,6% YoY, serta mendorong nilai transaksi digital mencapai USD 35,72 milyar.

Hal tersebut menandakan bahwa pasar Indonesia masih sangat awal pengadopsian teknologi finansial dan korporasi perlu merangkul potensi ini.

VP of Corporate Innovation, GK - Plug and Play Anggita Ludmila menyoroti beberapa keunikan dari startup binaan EXPO 9.0 yang berbeda dari batch sebelumnya. “Sebagian besar startup binaan yang berhasil lolos ke EXPO DAY memiliki sebuah karakteristik yang unik, yaitu founder yang peduli dengan isu alam, lingkungan, dan berbagai permasalahan sosial," katanya.

Country Director (Indonesia) Trusting Social, Prihartono yakin bahwa edukasi finansial terpadu dan berkesinambungan bagi warga akan berpengaruh positif bagi masyarakat. “Pandemi memang berperan untuk mendorong akselerasi adopsi teknologi finansial di seluruh lapisan masyarakat. Tetapi, edukasi bagi masyarakat awam tetap penting," jelasnya

Beberapa topik yang marak akhir-akhir ini adalah banyaknya kasus pinjol (pinjaman online) dengan bunga mencekik, komunitas titip dana forex, dan arisan online bodong. Semua ini terjadi karena adanya ketimpangan dalam akses edukasi finansial digital.

"Kondisi di masyarakat ini perlu perhatian khusus dari semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial di dalam perusahaan mereka, baik itu insurtech, e-wallet, digital payment gateway, hingga bank digital sekalipun,” paparnya.

GK - Plug and Play hadirkan EXPO 9.0

Selain itu, GK - Plug and Play juga kembali menyelenggarakan EXPO 9.0 yang secara resmi dibuka pada Kamis (21/10) dengan menghadirkan 19 startup binaan. Mereka telah menyelesaikan program akselerator batch ke-9 selama tiga bulan.

“EXPO DAY bukan hanya ajang untuk memamerkan popularitas saja. Kegiatan ini teramat penting karena menjadi pembuktian nyata peran bersinergi yang dipikul oleh GK - Plug and Play dalam menyediakan sebuah platform dengan manfaat untuk membuka wawasan dan cakrawala korporasi, investor dan regulator,” kata Wesley.

EXPO DAY merupakan ajang untuk memaparkan solusi inovatif dan kapabilitas startup binaan terpilih kepada para pemangku kepentingan, seperti regulator, investor, dan korporasi.

“Ke-19 startup binaan tahun ini sungguh menggambarkan advancement bangsa Indonesia, terutama para pemuda dan pemudi founders dalam menganalisa points dan menghadirkan jajaran solusi cerdas demi meningkatkan kualitas dan efisiensi hidup," jelas Wesley.

Sebagai bagian dari program akselerator, GK - Plug and Play membukakan akses eksklusif kepada startup-startup binaan ke jaringan korporasi, peluang pendanaan, sesi bimbingan dengan mentor berkualitas, eksposur ke media nasional, dan berbagai macam pelatihan yang advanced.

"Selain dari background yang beraneka ragam, batch ini juga membuktikan pentingnya ketangguhan dan kedisiplinan dalam berinovasi sebagai salah satu faktor kunci menggapai mimpi dan impian,” tambah Wesley.

Platform pembelajaran yang membantu individu belajar langsung dari expert melalui kelas live, intensif, dan berjaminan kerja. Selain itu, juga menghubungkan mereka langsung dengan perusahaan ternama melalui Virtual Working Platform, membantu mereka memiliki pengalaman kerja yang berharga, dan meningkatkan portfolio dari proyek yang disediakan. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2