Peringati Hari Guru Nasional, Quipper dan Fruit Tea Sosro Gelar Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021

Yofamedia.com, Jakarta - Hampir genap 9 bulan para siswa di seluruh Indonesia menjalani kegiatan belajar dari rumah. Melalui rapat virtual yang diselenggarakan oleh Kemendikbud terkait pengumuman SKB Empat Menteri yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (20/11), Pemerintah telah mengeluarkan pemberian izin pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara serentak dalam satu wilayah kabupaten/kota atau bertahap per wilayah kecamatan dan/atau desa/kelurahan. Pemberlakuan sekolah tatap muka tetap dilakukan secara berjenjang, mulai dari penentuan pemberian izin oleh pemerintah daerah/kanwil/ kantor Kemenag, pemenuhan daftar periksa oleh satuan pendidikan, serta kesiapan menjalankan pembelajaran tatap muka. Terdapat beberapa pertimbangan dan langkah yang harus diterapkan oleh setiap pemerintah daerah terkait diberlakukannya sekolah tatap muka, diantaranya kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai daftar periksa. 

Selama dilaksanakannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tidak jarang para guru juga melakukan inovasi-inovasi dan cara kreatif dalam memberikan praktek PJJ selama kurang lebih 9 bulan kebelakang dan hingga saat ini. Salah satu guru dari SMAN 53 Jakarta, Refina Hadinurjana membuat sebuah pembelajaran kepada murid untuk membuat sebuah puisi yang berkaitan dengan COVID-19 untuk kemudian di upload ke platform musik online.

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November dan juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah, Quipper sebagai salah satu perusahaan edutech yang memiliki misi memberikan akses pendidikan berkualitas ke seluruh penjuru Indonesia bekerjasama dengan Fruit Tea Sosro menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bernama Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021 (AGII). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi guru yang telah berinovasi dalam pengajaran siswa, terlebih di masa pandemik, sekaligus untuk mencari sosok Guru Inspiratif dari seluruh Indonesia.

Business Development Manager Quipper Indonesia, Ruth Ayu Hapsari menambahkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai apresiasi bagi guru yang selalu berinovasi dalam pengajaran siswa, terlebih di masa pandemik, dan sebagai pemicu bagi guru untuk mulai berinovasi dengan memanfaatkan teknologi.

“Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021 adalah sebagai salah satu ajang agar para guru dapat menyampaikan dan berbagi inovasi-inovasi yang inspiratif yang telah dilakukan dalam upaya beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh selama pandemi ini. Selain itu, melalui acara ini diharapkan cara-cara yang dilakukan oleh guru-guru tersebut dapat dijadikan referensi bagi guru lainnya di seluruh Indonesia.” Ujar Ayu.

Untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021, para guru diharuskan untuk membuat video singkat terkait praktik baik belajar mengajar yang kreatif serta inovatif selama menjalani masa PJJ dan dampaknya terhadap siswa baik dalam hal pencapaian belajar maupun tingkat keaktifan siswa. Ayu juga menambahkan harapannya akan ada banyak guru yang nantinya berpartisipasi dan mendapatkan apresiasi tertinggi atas hasil karya inovasi pembelajaran selama pandemi.

“Meskipun jika kedepannya pembelajaran akan dilakukan dengan kombinasi online dan tatap muka, saya harap Bapak/Ibu guru kita tetap semangat, kreatif, dan bisa saling menginspirasi.” Tambah Ayu.

Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, Sabrina Kharisanti juga turut menuturkan harapan serta hal yang mendasarinya untuk bekerjasama dengan Quipper untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

“Salah satu yang mendasari brand Fruit Tea Sosro melakukan AGII ini adalah filosofi Niat Baik Hasil Baik yang diajarkan oleh Pendiri Sosro.  Dimana kami percaya bahwa jika kita memperlakukan satu sama lain dengan baik, saling mendukung, dan menaburkan niat baik, maka niat baik itu akan memberikan hasil yang baik. Selain itu, pada tahun  2020 ini, Fruit Tea World Festival menyelenggarakan kegiatan “World From Home “ yakni sebuah kompetisi bergengsi di sektor pendidikan juga yang diikuti oleh seluruh siswa berprestasi di Indonesia. Karena Fruit Tea Sosro menyadari tidak ada pelajar hebat tanpa guru-guru yang hebat.” Ujar Sabrina.

Periode penyelenggaraan serta pendaftaran Anugerah Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021 akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 15 Januari 2021. Setiap guru yang ingin mendaftarkan diri harus berstatus sebagai guru aktif di sekolah dan membuat video singkat yang bertemakan “Inspirasi Mengajar di Era Pandemik”. Para Guru yang nantinya terpilih sebagai pemenang, maka akan berhak mendapatkan total hadiah dengan total 50 juta rupiah. [Red]





0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2