PT Panen Lestari Indonesia Group Bersama BRI dan UCoach Dorong UMKM ke Ranah Digital

Yofamedia.com, Jakarta - Sebagai salah satu anak perusahaan di bawah PT. Mitra Adiperkasa Tbk, PT Panen Lestari Indonesia Group mendorong dan memberikan dukungan kepada industri kreatif Tanah Air, maupun pelaku bisnis lokal untuk dapat terus melebarkan sayapnya. Melihat peluang dan tantangan saat ini, BRI bersama UCoach sebagai inkubator mengajak PT Panen Lestari Indonesia Group untuk membantu dan mempersiapkan beberapa UMKM binaan BRI terpilih untuk siap bertransformasi masuk ke dalam bisnis di era digital. Program BRInkubator Go Global ini juga didukung oleh Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN, serta Kementerian Koperasi dan UKM.

Memasuki era industri 4.0 atau yang sering disebut sebagai era digitalisasi, membawa kecanggihan inovasi teknologi dan informasi yang dapat membuat segala sesuatu menjadi terbuka, cepat dan mudah untuk diakses. Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi ini, semakin mendorong perubahan ini untuk terjadi lebih cepat dan mengharuskan kepada seluruh masyarakat dan pengusaha untuk bisa menerima perubahan digital ini.

Di sisi lain, perubahan digital ini juga membawa banyak peluang sekaligus tantangan, khususnya bagi para pelaku usaha UMKM. Bukan hanya harus menguasai keterampilan bisnis, melainkan juga harus memiliki ketrampilan dalam dunia digital seperti sosial media, marketplace, youtube, e-commerce dan masih banyak lainnya. Selain itu, pelaku usaha yang ingin maju di era digital juga harus bertransformasi menjadi pelaku usaha yang terbuka, innovatif, agile dan berkolaborasi.

Program BRInkubator Go Global ini memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk dapat mempersiapkan para UMKM yang terseleksi untuk langsung mentransformasi dan mendigitalisasi bisnis mereka, membawa UMKM Indonesia untuk dapat berkompetisi dalam persaingan global, mencari bibit UMKM handal dari seluruh pelosok Indonesia yang akan dibina dan dididik secara berkala.  Diharapkan, mereka bisa menjadi penggerak dan local heroes untuk wilayahny serta memberikan jalur distribusi produk UMKM dengan pelaku bisnis ke Jalur Distribusi PT Panen Lestari Indonesia Group.

Melalui program ini, terdapat 286 UMKM yang berhasil mendaftar, yang kemudian diseleksi menjadi 100 UMKM, dan dikurasi menjadi 25 peserta terpilih oleh tim Juri yang terdiri dari para CEO dan Business Coach. Adapun penilaian dilihat dari sisi attitude, kematangan/kesiapan UMKM untuk dibina dan dikembangkan, serta seberapa jauh UMKM terpapar dan terbuka untuk mengadopsi teknologi dan digitalisasi.

Duapuluh lima peserta terpilih berasal dari seluruh daerah di Indonesia, yang terbagi atas 3 kategori usaha, yaitu: Kerajinan (Craft) sebanyak 8 UMK, Kuliner (Food & Beverage) sebanyak 11 UMKM dan Fashion sebanyak 6 UMKM. Acara pembukaan BRInkubator Go Global ini, turut dihadiri oleh Bapak Bambang Brodjonegoro, selaku selaku Menteri Riset dan Teknologi / BRIN dan Bapak Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM, yang menunjukkan besarnya dukungan pemerintah untuk meningkatkan UMKM di Indonesia.

“Dengan adanya program ini, kami berharap pelatihan dan pendampingan yang telah diberikan, dapat mendorong para UMKM untuk dapat beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk pengembangan bisnis mereka dan dapat berkembang untuk ke depannya. Karena kami yakin bahwa Indonesia itu memiliki banyak sekali potensi yang baik, dan seluruh group department store kami pun akan terbuka lebar untuk terus membantu dan mendorong mereka untuk membuat Indonesia lebih maju,” ujar Arnolda Ratnawati Sidarta, selaku Marketing Director dari PT Panen Lestari Indonesia Group.

Berikut adalah list Juri dan Mentor yang berpartisipasi dalam BRIncubator Go Global:

- Arnolda Ratnawati (Marketing Director PT - Panen Lestari Indonesia Group)

- Ricky Afrianto (Global Marketing Head/Director at Mayora Group)

- Arif Rahman Hakim (Deputi Menteri Bidang SDM, Kemenkop UKM RI)

- Danang Rizki Ginanjar (Stafsus Menristek)

- Frankie Ridzal (Director of Indadi Utama, Sdn. Bhd)

- Frans Budi Pranata, Phd (The CFO 2013, 2015, Ex CFO Zalora Group)

- Gendro Salim (Founder & CEO Master Business Coach PT. UCoach)

- Margetty Herwin (Founder Smart Business Coaching Firm)

- Juanda Rovelim (CEO Kavlink Solusi Digital)

- Niko Julius (Founder Nikojulius.com)

- Viktor Aritonang (Business Idea Conceptor, Founder BisnisYuk)

- Jonathan Setiaji (Marketplace Operation and BusDev at JD.ID)

- Suwandi Chow (Independent E-Learning Profesional)

- Ardi Sudarto (CEO PT. Indo Lotte Makmur)

 [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2