Optimalkan Kapasitas Guru, Quipper Gelar Pelatihan Secara Berkala

Yofamedia.com, Jakarta - Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Penyelenggaraan pembelajaran harus diusahakan dan dilaksanakan sebaik mungkin karena proses ini mempengaruhi dan berdampak langsung terhadap tujuan belajar peserta didik.

Pada seri webinar yang diselenggarakan pada Rabu, (19/8) pukul 09.00-11.00 WIB, Quipper mengajak guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bergabung dan mengikuti seri webinar pelatihan guru tentang “Refleksi Dasar-Dasar Penyelenggaraan Pembelajaran”.

Sebagai pendidik, guru memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kurikulum nasional, memiliki standar kompetensi, serta pada skala yang lebih kecil, guru memiliki tanggung jawab untuk menjadi perancang, pengelola, pembimbing, dan  penilai proses belajar siswa. Keseluruhan kewajiban dan tanggung jawab guru, pada akhirnya bermuara pada satu tujuan utama, yaitu guru harus  mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mengantarkan siswanya menuju keberhasilan, kebaikan, dan kebajikan dalam memahami dan menjadi bagian di dunia.

Dalam seri webinar kali ini, Ibu Itje Chodidjah, Pakar Pendidikan, mendiskusikan lebih dalam makna dan terapan dari pembelajaran yang efektif. Untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif, beliau memaparkan bahwa kemampuan guru untuk membangun situasi dan keterhubungan dengan siswa di kelas merupakan kunci dari pembelajaran yang efektif.

“Ada 4 komponen utama agar pembelajaran dapat dibuat efektif: perencanaan tujuan, pengelolaan kelas, kemampuan berkomunikasi guru, dan perumusan keterampilan berpikir kritis,” ujar pakar pendidikan Ibu Itje Chodidjah.

Perencanaan tujuan pembelajaran yang akan dicapai harus dibuat secara jelas dan terperinci per periode dan harus memperhatikan materi ajar dan cara penyampaiannya. Sementara itu, pengelolaan kelas yang efektif adalah di mana siswa mempelajari banyak dari kemampuan pendidiknya.

Pada sesi webinar ini, Quipper juga memberikan kesempatan kepada peserta webinar memberikan pendapat atau pertanyaan kepada narasumber secara interaktif, sehingga selain menyimak pemaparan narasumber, peserta webinar juga dapat berkomunikasi dua arah dengan pemapar materi.

Di akhir sesi, Ibu Itje menyampaikan, pembelajaran bukan sekedar proses untuk meluluskan siswa, namun merupakan proses membangun siswa untuk menjadi manusia seutuhnya yang nantinya akan berperan dalam peradaban dan kehidupan mereka masing-masing. Ibu Itje juga mengingatkan bahwa setiap guru ikut menentukan keberhasilan yang akan dicapai siswa untuk tumbuh kembang sebagai manusia yang seutuhnya.

Hanani Faiza Content Manager Quipper Indonesia, menjelaskan maksud diselenggarakannya workshop pelatihan guru gratis secara virtual ini adalah untuk membantu para guru agar dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar dari rumah secara maksimal dan lebih terarah.

“Webinar pelatihan guru ini merupakan series pertama dari serangkaian materi pelatihan yang kedepannya akan diselenggarakan secara eksklusif bagi sekolah yang sudah bekerjasama bersama Quipper dengan menghadirkan ahli di bidang pendidikan. Kami berharap dengan melaksanakan pelatihan ini, para guru mendapatkan referensi untuk melaksanakan kurikulum pembelajaran.” Ujar Hanani.

Selama masa pandemi, Quipper terus memberikan upaya terbaik untuk membantu para guru dengan tetap memberikan pelatihan-pelatihan gratis bagi sekolah yang berlangganan layanan Quipper. Sudah ratusan Sekolah dan guru serta ribuan viewer yang menyaksikan virtual teachers training yang diadakan oleh Quipper pada akun resmi youtube Quipper Indonesia. Semoga upaya yang kami berikan dapat bermanfaat dan memberikan impact yang besar bagi kemajuan sistem pendidikan di Indonesia. [Red]




0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2